Respon Kenaikan Sejumlah Harga Komoditas di Bulan Ini, Pj Wali Kota Pimpin Rakor Pengendalian Inflasi

pinned
  • pemkotmadiun_
  • 24 Jul 2024 00:12:57

Respon Kenaikan Sejumlah Harga Komoditas di Bulan Ini, Pj Wali Kota Pimpin Rakor Pengendalian Inflasi

Respon Kenaikan Sejumlah Harga Komoditas di Bulan Ini, Pj Wali Kota Pimpin Rakor Pengendalian Inflasi

MADIUN – Inflasi di Kota Madiun untuk bulan Juni cukup terkendali dengan baik. Bahkan, Kota Pendekar di Juni 2024 lalu tercatat deflasi. Sedang jika dibandingkan dengan Mei, inflasi di Juni tercatat di angka -0,48 persen. Meski begitu bukan berarti tanpa ada upaya penanganan. Apalagi, terdapat sejumlah harga komoditas yang mengalami kenaikan di Juli ini. Salah satunya, cabai rawit. Rapat koordinasi dengan stake holder terkait pun digelar. Rakor dipimpin langsung Pj Wali Kota Eddy Supriyanto di ruang 13, Senin (22/7).

‘’Sejatinya inflasi di Kota Madiun relatif terkendali dengan baik. Kalaupun ada kenaikan masih dalam batas wajar. Tetapi tentu tidak boleh lengah,’’ kata Pj wali kota.

Langkah-langkah konkrit pun sudah dilakukan menekan inflasi sejumlah komoditas tersebut. Seperti memberikan subsidi harga terhadap komoditas yang mengalami kenaikan. Sementara itu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga berkoordinasi dengan penyedia barang kebutuhan pokok tersebut. Selain itu, petugas juga mengontrol langsung dengan turun ke produsen, distributor, dan pasar.

‘’Baik ketersediaan maupun harga komoditas harus terus dipantau,’’ tegasnya.

Kerja sama dengan produsen penghasil komoditas juga dilakukan. Hal ini penting mengingat Kota Madiun hampir sebagian besar bergantung daerah lain dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok tersebut. Selain itu, Pj wali kota juga menginstruksikan untuk penguatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Pekarangan tersebut bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman yang kerap menyumbang inflasi seperti cabai dan lainnya.

‘’Intinya, apapun untuk menjaga inflasi ini akan terus kita optimalkan. Upaya kita cukup baik sejauh ini,’’ ujarnya.

Baca berita selengkapnya di

http://madiunkota.go.id/

#pemkotmadiun #madiun
#madiunkotapendekar
#IndonesiaBicaraBaik

#106tahunkotamadiun
#pesonadunia

#indonesia #indonesiabagus
#madiun2024

#agendakotapendekar

  • Bagikan: