Berangkatkan Festival Jamu Gendong Nusantara, Wali Kota: Ini Tinggalan Nenek Moyang, Jangan Ditinggalkan

pinned
  • pemkotmadiun_
  • 04 Nov 2023 08:17:43

Berangkatkan Festival Jamu Gendong Nusantara, Wali Kota: Ini Tinggalan Nenek Moyang, Jangan Ditinggalkan

Berangkatkan Festival Jamu Gendong Nusantara, Wali Kota: Ini Tinggalan Nenek Moyang, Jangan Ditinggalkan

MADIUN – Kota Madiun kota pelestari minuman jamu. Bagaimana tidak, Kota Madiun terpilih sebagai tuan rumah festival jamu gendong nusantara. Setidaknya, kegiatan diikuti 1.300 penjaja jamu gendong yang diberangkatkan Wali Kota Madiun, Maidi, Sabtu (4/11). Kegiatan tersebut digadang-gadang bakal memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Wali Kota Maidi pun mengapresiasi hadirnya kegiatan. Bukan hanya terkait rekor MURI yang dicatatkan, event tersebut juga merupakan sarana pelestarian warisan leluhur.

‘’Kita tidak boleh lupa akan hasil ramuan dari nenek moyang kita dulu. Sebelum perkembangan ilmu kesehatan, jamu merupakan obat dari segala macam penyakit,’’ kata wali kota.

Karenanya, keberadaan jamu wajib untuk dilestarikan. Tak heran, Wali Kota Maidi mendukung penuh kegiatan tersebut. Berbagai upaya melestarikan jamu juga telah dilakukan. Salah satunya, menggunakan jamu sebagai salah satu minuman dalam kegiatan pemerintahan. Pun, dengan menggandeng UMKM jamu. Wali kota berharap suguhan minuman jamu tersebut bisa ditingkatkan tidak hanya di tengah kota, tetapi juga sampai di pinggir kota.

‘’Kita sudah punya UMKM jamu, setiap kegiatan minumannya itu. Ini terus kita dorong biar tidak di tengah kota saja,’’ jelasnya.

Kegiatan tersebut merupakan kerja bareng dari Koperasi UMKM Sejahtera Indonesia, MURI, dan juga Pemerintah Kota Madiun. Kegiatan serupa pernah tersaji sebelumnya di Kota Semarang dengan sebanyak 1.058 penjaja jamu gendung. Tak heran, kegiatan di Kota Madiun tersebut dipastikan bakal memecahkan rekor MURI. Namun, penyerahan piagam rekor MURI akan diberikan kemudian.

‘’Ini biar diakui dunia melalui MURI. Kalau wali kota yang ngomong mana orang akan percaya karena tidak ada buktinya. Jadi hari ini sekaligus kita catatkan pada MURI,’’ ungkapnya.
Baca berita selengkapnya di

http://madiunkota.go.id/

#pemkotmadiun #madiun
#madiunkotapendekar
#IndonesiaBicaraBaik

#jatim #beritaterkini
#news #jawatimur #infojakarta
#indonesia #indonesiabagus
#madiun2023

#aseanindonesia2023
#aseanmatters
#aseanepicentrumofgrowth

#agendakotapendekar

  • Bagikan: