Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah 2024 Secara Virtual, Pj Wali Kota Harap Inflasi di Kota Madiun Terkendali

Card image cap
  • pemkotmadiun_
  • 13 May 2024 08:42:48

Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah 2024 Secara Virtual, Pj Wali Kota Harap Inflasi di Kota Madiun Terkendali

Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah 2024 Secara Virtual, Pj Wali Kota Harap Inflasi di Kota Madiun Terkendali

MADIUN - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Madiun mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah 2024 secara virtual di Balaikota Madiun, Senin (13/5).

Pj Wali Kota Eddy Supriyanto bersama jajaran OPD terkait mengikuti rakor yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) itu.

Rakor tersebut dihadiri oleh berbagai pihak dari provinsi hingga kabupaten/kota se-Indonesia dengan memanfaatkan teknologi komunikasi Zoom Meeting.

Dalam rakor yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, pihaknya menyoroti beberapa daerah yang tercatat belum serius dalam penanganan inflasi.

Sementara itu, Direktur Statistik Harga, Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat, Windhiarso Ponco Adi Putranto menyampaikan, pada April 2024 komponen inti mengalami inflasi sebesar 0,29% dengan andil inflasi sebesar 0,18%.

“Komoditas yang memberikan andil inflasi pada April 2024 adalah emas perhiasan,minyak goreng dan gula pasir,” kata Windhiarso.

Windhiarso menambahkan, pada April 2024 komponen harga diatur pemerintah selalu mengalami inflasi pada momen lebaran sebesar 0,26% dengan andil inflasi sebesar 0,12%. Komoditas yang dominan memberikan andil inflasi April 2024 adalah tarif angkutan udara, tarif angkutan antar kota, Sigaret Kretek Mesin (SKM) dan tarif kereta api.

Lebih lanjut, Windhiarso menyampaikan, hingga Minggu kedua bulan Mei 2024, komoditas yang harus diwaspadai adalah bawang merah, cabai merah, gula pasir dan telur ayam ras.

Terpisah, Pj Wali Kota mengatakan bakal menindaklanjuti arahan dari pemerintah pusat. “Prinsipnya penanganan pengendalian inflasi menjadi prioritas. Kami akan berkoordinasi denfan OPD terkait untuk menganalisis dan memantau agar harga tak bergejolak,” pungkasnya.
(dspp/kus/diskominfo)

Baca berita selengkapnya di

http://madiunkota.go.id/

#pemkotmadiun #madiun
#madiunkotapendekar
#IndonesiaBicaraBaik

#jatim #beritaterkini
#news #jawatimur #infojakarta
#indonesia #indonesiabagus
#madiun2024

#agendakotapendekar

  • Bagikan: