Pembinaan Pegawai Dukcapil, Wali Kota: Dukcapil Pelayanannya Bukan Jam Kerja, Tetapi Hasil Kerja

pinned
  • pemkotmadiun_
  • 02 Nov 2023 10:27:08

Pembinaan Pegawai Dukcapil, Wali Kota: Dukcapil Pelayanannya Bukan Jam Kerja, Tetapi Hasil Kerja

Pembinaan Pegawai Dukcapil, Wali Kota: Dukcapil Pelayanannya Bukan Jam Kerja, Tetapi Hasil Kerja

MADIUN – Pelayanan administrasi kependudukan di Kota Madiun kudu prima. Sebab, harus melayani tak mengenal waktu. Pembinaan pegawai pun dilakukan guna peningkatan pelayanan kepada masyarakat tersebut. Wali Kota Madiun, Maidi pun hadir memberikan arahan dalam kegiatan tersebut.

‘’Di Dukcapil itu pelayanannya bukan jam kerja, tetapi hasil kerja. Artinya, Dukcapil tidak mengenal waktu. Jam berapapun dilayani,’’ kata wali kota usai Pembinaan Pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun di Kantor Dukcapil Kota Madiun, Kamis (2/11).

Wali Kota Maidi menyebut peristiwa kependudukan bisa kapan saja. Tak heran, data kependudukan juga dinamis. Orang nomor satu di Kota Pendekar itu mencontohkan peristiwa kematian yang bisa saja terjadi pada malam hari atau di hari libur kerja. Layanan administrasi kependudukan tak akan prima jika pelayanan hanya di jam kerja. Karenanya, wali kota mengapresiasi kinerja Dukcapil Kota Madiun yang sudah cukup baik selama ini.

‘’Bayangkan, jam berapapun pelayanan tetap berjalan. Ada laporan meninggal, akta kematian, KK dan KTP baru langsung diterbitkan. Kalau hanya mengandalkan jam kerja, pelayanan selamanya tidak akan prima,’’ ungkapnya.

Wali kota berharap pelayanan yang sudah baik itu untuk dipertahankan dan ditingkatkan. Wali kota mengaku tidak pernah mendengar keluhan yang macam-macam dari masyarakat terkait pelayanan dukcapil. Kalaupun ada satu-dua yang itu berangkat bukan dari petugas pelayanan. Tetapi dari si pemohon itu sendiri. Salah satunya, karena kekurangan syarat administrasi yang dibawa.

‘’Selama ini tidak ada keluhan. Kalau ada satu dua itu wajar dan bukan karena pelayanan yang tidak bagus. Tetapi karena kurang syarat dan lainnya,’’ ujarnya.

Wali kota juga berpesan untuk selalu mengedepankan senyum, sapa, dan salam. Hal itu penting agar pemohon yang datang tidak hanya puas dengan pelayanan yang cepat tetapi juga disertai perasaan bahagia. Keramahan tersebut cukup diperlukan terutama dalam urusan pelayanan langsung kepada masyarakat.

Baca berita selengkapnya di

http://madiunkota.go.id/

  • Bagikan: