Wali Kota Madiun Ajak Petani Studi Banding di Petrokimia, Belajar Kiat Inovasi Pertanian

pinned
  • pemkotmadiun_
  • 14 Nov 2023 09:59:35

Wali Kota Madiun Ajak Petani Studi Banding di Petrokimia, Belajar Kiat Inovasi Pertanian

Wali Kota Madiun Ajak Petani Studi Banding di Petrokimia, Belajar Kiat Inovasi Pertanian

GRESIK – Wali Kota Madiun Maidi mengajak perwakilan dari seluruh kelompok tani (poktan) dari Kota Madiun untuk belajar di PT Petrokimia Gresik, Selasa (14/11). Para petani diajak belajar mengenai kiat-kiat berinovasi mengembangkan pertanian di Kota Pendekar.

“Di tengah kondisi pupuk subsidi agak lamban seperti ini, petani harus punya inovasi-inovasi baru,” ujar Wali Kota Maidi.

Wali Kota Madiun mengatakan bahwa sinergi antara pemkot dan Petrokimia selama ini terjalin apik. Sebelumnya, mereka mendapat bantuan pupuk dari BUMN tersebut sebanyak 50 ton untuk 450 hektare lahan pertanian.

Para petani juga diajak belajar memaksimalkan pupuk yang ada agar seefektif mungkin. “Jangan sampai menggunakan pupuk secara boros,” terangnya.

Terpisah, Senior VP Transformasi Bisnis Petrokimia Gresik Eko Suroso mengatakan, pihaknya mengajak petani di Kota Madiun maju bersama. Melalui program Makmur, petani diajak masuk dalam sistem terpadu yang menghubungkan mereka dengan para offtaker.

“Singkatnya, Makmur merupakan program semi tertutup, dalam arti, semua yang terlibat akan saling menguntungkan,” sebutnya.

Dalam sistem Makmur, poktan dari Kota Madiun akan dipertemukan dengan perbankan hingga offtaker yang akan saling menunjang satu sama lain.

“Nanti komoditasnya disesuaikan dengan unggulan di Kota Madiun,” kata Eko. “Prinsipnya, sistem ini mendukung pelaku usaha tani untuk maju. Jadi betul-betul merupakan sistem komersial, yang menjanjikan secara ekonomi,”pungkasnya.
(Rams/kus/diskominfo)

Baca berita selengkapnya di

http://madiunkota.go.id/

#pemkotmadiun #madiun
#madiunkotapendekar
#IndonesiaBicaraBaik

#jatim #beritaterkini
#news #jawatimur #infojakarta
#indonesia #indonesiabagus
#madiun2023

#aseanindonesia2023
#aseanmatters
#aseanepicentrumofgrowth

#agendakotapendekar

  • Bagikan: