Penerapan KKS Dinilai Baik, Wali Kota Jadi Narasumber Sosialisasi KKS Provinsi Maluku Utara

pinned
  • pemkotmadiun_
  • 07 Nov 2023 06:36:58

Penerapan KKS Dinilai Baik, Wali Kota Jadi Narasumber Sosialisasi KKS Provinsi Maluku Utara

Penerapan KKS Dinilai Baik, Wali Kota Jadi Narasumber Sosialisasi KKS Provinsi Maluku Utara

MADIUN - Setelah sebelumnya Wali Kota Maidi menjadi narasumber implementasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) untuk Provinsi Bengkulu, kali ini orang nomor satu di Kota Pendekar itu didapuk menjadi narasumber sosialisasi KKS bagi Provinsi Maluku Utara.

Dalam sosialisasi yang digelar secara daring itu, berbagai hal terkait strategi suksesnya penerapan KKS di Kota Pendekar dijabarkan oleh wali kota. Di antaranya terkait strategi penerapan 9 tatanan kota sehat.

“Penyakitnya kota itu tidak lepas dari sampah, banjir air, limbah, dan pemukiman kumuh. Akan jadi masalah kalau tidak diatasi. Kota kita empat tahun lalu seperti itu,” terangnya, Selasa (7/11).

Sekarang, lanjutnya, kota kita banyak disinggahi. Di Kota Madiun sampah bukan masalah, tapi jadi berkah. Dulu kota sering terjadi air menggenang saat hujan, kini sudah teratasi.

Salah satu caranya yakni, dengan adanya pembangunan box culvert yang multifungsi. Selain drainase dan bak penampung air, juga sebagai trotoar besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Sementara itu, terkait kemandirian masyarakat wali kota juga mengolah sampah menjadi gas metan.

“Kita membangun mesin penghasil energi gas metan dari sampah. Gas tersebut lantas dialirkan untuk menghidupkan rumah sauna dan dapur umum bagi warga. Sampah juga dikelola jadi kerajinan yang bisa menghasilkan,” jelasnya.

Menutup pemaparannya, wali kota mengatakan semua keberhasilan dalam pembangunan dan penerapan kota kabupaten sehat bisa terlaksana berkat kerjasama yang apik antar seluruh pihak.

"Ini tak lepas dari koordinasi yang baik antara Pemkot Madiun, Forkopimda, DPRD, dan masyarakat. Semua satu suara untuk membangun Kota Madiun," pungkasnya.
(Rams/kus/diskominfo)

Baca berita selengkapnya di

http://madiunkota.go.id/

#pemkotmadiun #madiun
#madiunkotapendekar
#IndonesiaBicaraBaik

#jatim #beritaterkini
#news #jawatimur #infojakarta
#indonesia #indonesiabagus
#madiun2023

#aseanindonesia2023
#aseanmatters
#aseanepicentrumofgrowth

#agendakotapendekar

  • Bagikan: