Komitmen Wujudkan Kota Sehat, Kota Madiun Sukses Menangkan STBM Award Paripurna Terbaik I Tingkat Nasional

pinned
  • pemkotmadiun_
  • 29 Nov 2023 06:20:08

Komitmen Wujudkan Kota Sehat, Kota Madiun Sukses Menangkan STBM Award Paripurna Terbaik I Tingkat Nasional

Komitmen Wujudkan Kota Sehat, Kota Madiun Sukses Menangkan STBM Award Paripurna Terbaik I Tingkat Nasional

JAKARTA - Malam penganugerahan penghargaan kabupaten/kota sehat (Swasti Saba) dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award 2023 menjadi momen bersejarah bagi Kota Madiun. Dalam event tingkat nasional tersebut, Kota Madiun berhasil meraih dua penghargaan sekaligus. Yakni, STBM Award Paripurna Terbaik I dan Swasti Saba Wistara.

Prosesi penyerahan penghargaan yang dihadiri oleh Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro, serta para gubernur, bupati dan wali kota penerima penghargaan itu berlangsung di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (28/11) malam.

"Penghargaan ini menjadi bukti komitmen kita dalam menjaga Kota Madiun yang sehat, bersih, asri, dan indah," ujar Wali Kota Madiun, Dr. Maidi setelah menerima penghargaan.

Prestasi inipun diraih oleh Kota Madiun melalui sejumlah upaya. Sejak 2022 lalu, Kota Madiun telah mendeklarasikan diri sebagai daerah pertama di Jawa Timur yang menuntaskan lima pilar STBM. Serta, menjadi percontohan program penuntasan STBM di wilayah Jatim.

Adapun lima pilar STBM di antaranya adalah stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan, pengelolaan sampah, dan pengelolaan limbah cair.

"Sehat itu kebutuhan dasar. Kalau kesehatan terpenuhi, produktivitas masyarakat juga semakin meningkat," imbuhnya.

Untuk itu, wali kota juga memberikan apresiasi atas dukungan berbagai pihak, mulai dari OPD terkait, forkopimda, hingga seluruh elemen masyarakat karena telah membantu mewujudkan Kota Madiun sebagai Kota Sehat.

"Ini kemenangan kita bersama," tandasnya. (Ws Hendro/irs/madiuntoday)

Baca berita selengkapnya di

http://madiunkota.go.id/

#pemkotmadiun #madiun
#madiunkotapendekar
#IndonesiaBicaraBaik

#jatim #beritaterkini
#news #jawatimur #infojakarta
#indonesia #indonesiabagus
#madiun2023

#aseanindonesia2023
#aseanmatters
#aseanepicentrumofgrowth

#agendakotapendekar

  • Bagikan: