Hadiri Pelantikan PPS, Sekda Pesan Jaga Kesehatan dan Ingatkan Kode Etik Petugas Penyelenggara Pemilu

Card image cap
  • pemkotmadiun_
  • 26 May 2024 09:31:57

Hadiri Pelantikan PPS, Sekda Pesan Jaga Kesehatan dan Ingatkan Kode Etik Petugas Penyelenggara Pemilu

Hadiri Pelantikan PPS, Sekda Pesan Jaga Kesehatan dan Ingatkan Kode Etik Petugas Penyelenggara Pemilu

MADIUN – Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pilkada 2024 di Kota Madiun resmi terbentuk. Sebanyak 81 PPS telah dilantik dan diambil sumpahnya. Pelantikan berlangsung khidmat di Sun Hotel Madiun, Minggu (26/5). Prosesi pelantikan dihadiri sejumlah pejabat, tak terkecuali Sekda Madiun Soeko Dwi Handiarto.

Sekda menyebut 60 persen petugas yang dilantik setidaknya pernah bertugas menjadi PPS. Karenanya, sekda optimis petugas bisa melaksanakan tugas dengan baik. Meski begitu, sekda berharap petugas tetap mengikuti semua rangkaian kegiatan termasuk bimbingan teknis dan pelatihan-pelatihan yang sudah dijadwalkan.

‘’Alhamdulillah, sebagian besar sudah pernah bertugas sebagai PPS di Pemilu lalu. Jadi secara substansi tentunya sudah banyak pengalaman, tinggal pendalaman teknis-teknisnya nanti ke depan,’’ kata Sekda.

Sekda juga berpesan kepada petugas untuk senantiasa menjaga kesehatan. Hal itu penting agar dapat melaksanakan tugas dengan optimal. Terlebih pada saat hari H pemungutan dan penghitungan suara nanti. Sekda berharap PPS juga aktif bertanya jika ada yang belum jelas maupun perlu bantuan.

‘’Mulai sekarang harus menjaga kesehatan. Untuk melaksanakan Pemilu lebih mudah jika sehat. Misalnya dalam bimtek, mudah dalam menerima materi terlebih dalam hari H nanti,’’ jelasnya.

Selain itu sekda juga berpesan untuk selalu mengedepankan kode etik penyelenggara Pemilu. PPS memang memiliki hak suara, namun dilarang untuk turut berpolitik praktis. Artinya, harus netral. Baik dalam bersikap di dunia langsung maupun di dunia maya.

‘’Harus netral tidak boleh berpihak, azas luberjurdil tetap harus dikedepankan. Pastinya, ada sanksi sesuai aturan yang berlaku,’’ pungkasnya. (ney/agi/diskominfo)

Baca berita selengkapnya di

http://madiunkota.go.id/

===
WA AWAK SIGAP
Laporan aduan dan darurat
+62811-3577-800
===

#pemkotmadiun #madiun
#madiunkotapendekar
#IndonesiaBicaraBaik

#jatim #beritaterkini
#news #jawatimur #infojakarta
#indonesia #indonesiabagus
#madiun2024

#agendakotapendekar

  • Bagikan: