Pemilu 2024 Sarana Menguatkan Integrasi Bangsa, Masyarakat Diimbau Jaga Kedamaian

Card image cap
  • pemkotmadiun_
  • 11 Feb 2024 05:36:54

Pemilu 2024 Sarana Menguatkan Integrasi Bangsa, Masyarakat Diimbau Jaga Kedamaian

Pemilu 2024 Sarana Menguatkan Integrasi Bangsa, Masyarakat Diimbau Jaga Kedamaian

Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024, dan masyarakat diminta untuk menjaga kedamaian selama masa tenang pada 11 hingga 13 Februari 2024 setelah berakhirnya masa kampanye. Pemilu diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkuat integrasi bangsa dan menjaga persatuan. Masyarakat diimbau untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 14 Februari 2024. Selain itu, penting untuk mencari informasi terkait Pemilu 2024 melalui sumber yang valid dan terpercaya, seperti buku elektronik Pemilu Damaipedia.

Dalam menjaga suasana teduh menjelang pemilu, perlu diwaspadai gangguan informasi yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Ada tiga jenis gangguan informasi yang biasa terjadi, yaitu misinformasi, disinformasi, dan malinformasi. Misinformasi terjadi ketika seseorang membagikan informasi yang salah namun ia mempercayainya sebagai kebenaran. Malinformasi adalah penyalahgunaan informasi yang sengaja dilakukan untuk memperkeruh suasana. Sedangkan disinformasi adalah upaya yang sengaja dilakukan dengan memutarbalikkan fakta dan manipulasi data disertai ujaran kebencian.

Penghitungan suara di luar negeri belum dilakukan, meskipun pemungutan suara dilakukan lebih awal. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menegaskan bahwa informasi mengenai hasil perolehan suara di luar negeri sebelum 14 Februari 2024 adalah tidak benar. Ada tiga metode pemungutan suara di luar negeri, yaitu melalui Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau TPS Luar Negeri (TPSLN), kotak suara keliling, dan pengiriman melalui pos.

Pemungutan suara di perwakilan Indonesia di luar negeri dilakukan pada tanggal-tanggal tertentu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Masyarakat diimbau untuk tidak terprovokasi oleh informasi yang tidak benar mengenai hasil perolehan suara di luar negeri.

Baca selengkapnya di pranala https://is.gd/pemiludamai

#PemiluSerentak2024


#pemkotmadiun #madiun
#madiunkotapendekar
#IndonesiaBicaraBaik

#jatim #beritaterkini
#news #jawatimur #infojakarta
#indonesia #indonesiabagus
#madiun2024

  • Bagikan: