Guru Besar Persaudaraan Rasa Tunggal Berpulang, Wali Kota Turut Mengantarkan Sampai Peristirahatan Terakhir

Card image cap
  • pemkotmadiun_
  • 11 Feb 2024 11:09:15

Guru Besar Persaudaraan Rasa Tunggal Berpulang, Wali Kota Turut Mengantarkan Sampai Peristirahatan Terakhir

Guru Besar Persaudaraan Rasa Tunggal Berpulang, Wali Kota Turut Mengantarkan Sampai Peristirahatan Terakhir

MADIUN – Dunia persilatan di Kota Madiun tengah berduka. Salah seorang ketua perguruan pencak silat di Kota Pendekar berpulang, Minggu (11/2). Yakni, RM. Bagus Hary Soemardiantho, Ketua Umum Pencak Silat Persaudaraan Rasa Tunggal Pusat Madiun. Mas Agus -sapaannya- meninggal dunia di RSUD Kota Madiun sekitar pukul 03.30. Jenazah disemayamkan di Pemakaman Cangkring sekitar pukul 13.00. Wali Kota Madiun, Dr. Maidi tampak hadir turut mengantarkan ke tempat peristirahatan terakhir.

Orang nomor satu di Kota Pendekar itu turut menyampaikan duka yang mendalam atas kepulangan salah seorang tokoh pesilat Kota Madiun. Beliau sudah banyak memberikan arahan, pelajaran, ilmu, dan suri teladan bagi para anggotanya. Wali kota berharap apa yang menjadi wejangan beliau tetap menjadi pedoman bagi setiap anggotanya.

‘’Apa yang sudah diajarkan harus tetap diamalkan, harus menjadi pedoman,’’ ungkapnya.

Persaudaraan Rasa Tunggal (Persatu) merupakan bela diri asli dari Madiun. Persatu Berpusat di Jalan Merapi nomor 23 Kota Madiun. Bela diri pencak silat satu ini lahir, tumbuh, dan berkembang di kota pecel. Persatu didirikan oleh Raden Mas Soenito Reksohamijoyo, keturunan adipati Madiun. RM Soenito Reksohamijoyo merupakan putra dari RM Tumenggung Soelaiman Suro Hamisastro Prawirodirjo yang tak lain putra Pangeran Ronggo Prawirodirjo, salah seorang Adipati Madiun. Soenito merupakan sosok yang mencintai seni dan budaya. Berbekal ilmu yang didapatnya, dia lantas menciptakan jurus dan senam. Terdapat 28 jurus dan 80 senam. Berbekal inilah, Persaudaraan Rasa Tunggal lahir pada Kamis Pon, 10 November 1955 di Madiun. Persatu terus berkembang dan sudah berganti ketua umum termasuk RM. Bagus Hary Soemardiantho yang juga merupakan guru besar ke-VI tersebut. (dspp/agi/diskominfo)

Baca berita selengkapnya di

http://madiunkota.go.id/

#pemkotmadiun #madiun
#madiunkotapendekar
#IndonesiaBicaraBaik

#jatim #beritaterkini
#news #jawatimur #infojakarta
#indonesia #indonesiabagus
#madiun2024

#aseanindonesia2024
#aseanmatters
#aseanepicentrumofgrowth

#agendakotapendekar

  • Bagikan: