Pimpin Upacara Harlah Pancasila, Wali Kota Ajak Masyarakat Tingkatkan Gotong Royong


  • Kategori Berita
  • By Admin Kota
  • 08 Jun 2023

Pimpin Upacara Harlah Pancasila, Wali Kota Ajak Masyarakat Tingkatkan Gotong Royong

MADIUN - Wali Kota Madiun Maidi memimpin jalannya upacara hari lahir Pancasila tahun 2023 di halaman depan Balai Kota Madiun, Kamis (1/6). Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Kota Pendekar itu mengatakan di hari lahir ini harus dijadikan momentum untuk meningkatan gotong royong antar warga.

Dalam kesempatan itu, wali kota membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia yang menyatakan, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara.

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “bintang penuntun” dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” ucapnya.

Pancasila, lanjutnya, digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus Nasional, untuk itu sudah selayaknya semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila, sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pancasila juga mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religius Bangsa Indonesia. Pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas obyektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural.

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air, sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik,” ucapnya.

Melalui momentum ini, wali kota mengajak masyarakat untuk meningkatkan gotong royong dalam membangun peradaban dan pertumbuhan global.  (Rams/kus/diskominfo)

  • Bagikan: