Pegawai BUMD Lakukan Tes Kebugaran, Wali Kota Sebut Pelayanan Hanya Bisa Optimal Kalau Pegawai Sehat

pinned
  • pemkotmadiun_
  • 17 Nov 2023 09:25:54

Pegawai BUMD Lakukan Tes Kebugaran, Wali Kota Sebut Pelayanan Hanya Bisa Optimal Kalau Pegawai Sehat

Pegawai BUMD Lakukan Tes Kebugaran, Wali Kota Sebut Pelayanan Hanya Bisa Optimal Kalau Pegawai Sehat

MADIUN – Pegawai BUMD juga nyaris selalu bersinggungan dengan masyarakat dalam melaksanakan tugas. Karenanya, mereka harus sehat agar bisa melayani masyarakat dengan baik. Karenanya, pengecekan kebugaran berkala dilakukan di Pemerintah Kota Madiun. Sebanyak ratusan pegawai dari PDAM Tirta Taman Sari, PD Aneka Usaha, dan BPR Bank Daerah melaksanakan tes kebugaran dengan dengan metode rockpot atau lari kecil. Tes dilakukan di Ngrowo Bening Edupark, Jumat (17/11). Kegiatan ditutup dengan apel bersama yang dipimpin Wali Kota Madiun, Maidi.

‘’Ada yang fit sekali, ada sehat saja, dan mayoritas cukup. Kalau tidak dicek seperti ini apa bisa tahu kondisi para pegawai BUMD kita,’’ kata wali kota.

Pegawai perusahaan daerah, kata wali kota, harus dalam kondisi sehat dan bugar. Hal itu penting agar pelayanan kepada masyarakat juga optimal. Sekali sakit akan ada banyak orang lain yang direpotkan. Mulai keluarga hingga rekan kerja. Kondisi tak sehat juga mengakibatkan pegawai tak produktif.

‘’Kalau ada yang sakit, maka akan merepotkan yang lain. Selain itu, semua ide, kreatifitas, inovasi itu bisa maksimal kalau tubuh sehat. Sakit flu saja, orang sudah susah berfikir. Semua jadi buntu. Makanya ini kita cek berkala untuk menjaga kebugaran kita semua. Yang tidak bugar segera kita diketahui untuk diberikan penanganan lebih lanjut,’’ ungkapnya sembari menyebut 42 persen dalam kondisi sehat.

Metode rockpot merupakan metode pengukuran kebugaran jasmani dengan cara lari kecil sejauh 1,6 kilometer kemudian dilakukan pengukuran volume oksigen saat latihan dan kapasitas maksimum (VO2 Maks). Pengukuran menggunakan alat khusus. Semakin besar volume oksigen yang dikonsumsi, berarti kondisinya semakin bugar. Semakin tinggi kapasitas maksimum (VO2 Maks) maka juga semakin bagus kondisinya. Metode ini dipilih karena memiliki beberapa keunggulan antara lain mudah dilakukan, tidak memerlukan alat khusus, aman bagi orang dengan resiko penyakit, dapat dilakukan secara individu ataupun kelompok serta dilakukan sesuai dengan kemampuan. (ney/agi/diskominfo)

  • Bagikan: