Getol Cegah Stunting, Dinkes PPKB Luncurkan Aplikasi Kuda Lumping

pinned
  • pemkotmadiun_
  • 15 Jul 2024 07:48:08

Getol Cegah Stunting, Dinkes PPKB Luncurkan Aplikasi Kuda Lumping

Getol Cegah Stunting, Dinkes PPKB Luncurkan Aplikasi Kuda Lumping

MADIUN - Kasus Stunting terus menjadi fokus perhatian pemerintah saat ini. Dengan pencegahan Stunting, diharapkan generasi penerus bangsa bisa tumbuh sehat dan berkualitas.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana yakni dengan meluncurkan aplikasi Kuda Lumping. Yakni, Kuatkan Pendampingan Balita Tumbuh Kembang Tanpa Stunting.

"Melalui aplikasi ini para kader di lapangan, hingga camat dan lurah bisa mengakses. Sehingga, bisa melihat data anak Kota Madiun secara riil dan lebih mudah," ujar Pj. Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto saat membuka kegiatan Rakor Percepatan Penurunan Stunting sekaligus FGD Evaluasi Konvergensi Stunting di Kota Madiun dan launching aplikasi Kuda Lumping di Bima Ballroom Aston Hotel Madiun, Senin (15/7).

Berdasarkan hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI), saat ini angka Stunting Kota Madiun sebesar 12,7 persen. Sedangkan, dari hasil laporan dalam elektonik pencatatan Dan pelaporan Gizi berbasis masyarakat (ePPBGM) jumlahnya 4,6 persen. Atau, sekitar 300 anak dari 8 ribu balita di Kota Madiun.

Karenanya, Pj wali kota terus mendorong agar angka ini segera dientaskan. Sehingga, tidak ada lagi balita dalam kondisi Stunting di Kota Madiun.

Sementara itu, Kepala Dinkes PPKB Kota Madiun, dr. Denik Wuryani menuturkan bahwa ePPBGM sebagai aplikasi pelaporan pengukuran anak setiap bulan biasanya hanya dapat diakses oleh Dinkes PPKB dan pemerintah pusat saja. Namun, dengan adanya aplikasi Kuda Lumping, data tersebut dapat diakses hingga ke kader lapangan. Sehingga, diharapkan penanganan Stunting menjadi lebih cepat.

"Kuda Lumping ini menjembatani. Harapannya, dengan melihat hasil pengukuran setiap bulan, camat, lurah, hingga kader bisa segera melakukan tindak lanjut agar anak-anak yang berpotensi Stunting lebih cepat ditangani," tandasnya. (Ws Hendro/irs/diskominfo)

Baca berita selengkapnya di

http://madiunkota.go.id/



#indonesia #indonesiabagus
#madiun2024

#agendakotapendekar

#infografispendekar

  • Bagikan: