Upayakan Suplai Telur dan Cabai Aman, Pemkot Madiun Jajaki Kerja Sama dengan Pemkab Blitar


  • Kategori Berita
  • By Admin Kota
  • 01 Mar 2023

Upayakan Suplai Telur dan Cabai Aman, Pemkot Madiun Jajaki Kerja Sama dengan Pemkab Blitar

MADIUN – Upaya pemenuhan komoditas pokok masyarakat Kota Madiun terus dilakukan. Khususnya untuk komoditas telur dan cabai. Pemerintah Kota Madiun sengaja menggandeng Pemkab Blitar terkait itu. Pembahasan kerjasama keduanya berlangsung secara virtual, Jumat (24/2).

‘’Telur dan cabai ini salah dua komoditas penting di Kota Madiun. Sedang, produksi dari lokal juga belum mencukupi. Makanya kita berupaya menggandeng kerja sama dengan daerah lain,’’ kata Asisten 2 Kota Madiun, Ahsan Sri Hasto.

Dipilihnya Kabupaten Blitar tersebut juga bukan tanpa sebab. Kabupaten Blitar termasuk produsen telur dan cabai terbesar di Jawa Timur. Setidaknya, peternak telur di sana bisa menghasilkan 600 ton dalam sehari. Tak heran, 90 persen lebih pangsa pasar telur dari Kabupaten Blitar dijual ke luar daerah.

Sementara untuk cabai rawit, Kabupaten Blitar bisa menghasilkan 400 ton lebih cabai rawit saat panen. Itu belum termasuk jenis cabai yang lain. Ahsan menyebut kerja sama ini tepat mengingat sebentar lagi memasuki musim panen raya. Yakni, pada Maret mendatang.

‘’Ini juga antisipasi kita menjelang lonjakan harga menjelang Ramadan dan Lebaran,’’ ungkapnya.

Terkait harga, lanjutnya, masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab, Pemerintah Kota Madiun memiliki program subsidi transportasi bahan kebutuhan. Artinya, biaya kirim bakal ditanggung Pemkot Madiun. Tak heran, harga jual cabai tersebut tak jauh dari harga kulakan. Sebab, sudah tidak ada lagi biaya operasional.

‘’Jadi kalau harga dari sana 20 ribu perkilo, sampai sini ya 20 ribu perkilo, karena ongkos pengirimannya sudah kita subdisi. Pedagang juga kita atur agar tidak mematok harga yang kelewat tinggi. Dengan begitu, harganya tetap stabil di Kota Madiun,’’ jelasnya. (rams/agi/diskominfo)

  • Bagikan: