Selesaikan Pendidikan SOTH dan Selantang, Emak-Emak dan Lansia Laksanakan Wisuda


  • Kategori Berita
  • By Admin Kota
  • 01 Mar 2023

Selesaikan Pendidikan SOTH dan Selantang, Emak-Emak dan Lansia Laksanakan Wisuda

MADIUN – Anak yang hebat dimulai dari orang tua yang hebat pula. Karenanya, Pemerintah Kota Madiun menggelar Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH). Setidaknya sebanyak 30 orang tua di Kota Pendekar sudah menamatkan sekolah parenting tersebut. Mereka akhirnya diwisudakan. Prosesi wisuda dilakukan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachin Emil Dardak di Asrama Haji Kota Madiun, Rabu (22/2). Tak hanya itu, wisuda juga dilakukan kepada 30 lansia yang telah selesai mengikuti sekolah lansia tanggung Selantang. Proses wisuda juga dihadiri Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi.

Ketua TP PKK Pemprov Jawa Timur, Arumi menyebut keberadaan kedua pendidikan itu penting dan perlu. Salah satunya, untuk menekan stunting. Orang tua wajib terus diberikan pemahaman terkait tumbuh kembang anak mulai sejak masa kehamilan hingga pengasuhan. Apalagi, dalam pendidikan selama tiga bulan itu ada hal yang bisa dipelajari. Mulai merawat anak, menyiapkan gizi seimbang, hingga pendidikan usia dini. Tak heran, guru PAUD juga dilibatkan sebagai trainer of training (ToT).

‘’Ada salah satu materi yang penting dan saya sukai. Yakni, soal keterlibatan peran ayah. Ayah ini juga mengambil peran penting dalam masa tumbuh kembang anak. Jadi bukan hanya tugas seorang ibu,’’ ungkapnya.

Sementara untuk Selantang, Arumi menyebut pendidikan kepada lansia itu diharapkan bisa memberikan kehidupan yang lebih baik dalam menjalani masa tua. Lansia diharapkan tidak menjadi beban. Tetapi tetap terlibat aktif dalam pembangunan. Karenanya, perlu dilakukan upaya-upaya untuk mengoptimalkan itu.

‘’Para lansia ini kan dulunya juga telah berjasa di masa produktifnya. Mungkin ada yang menjadi guru, dokter, dan lainnya. Ini merupakan satu bentuk apresiasi. Mereka juga harus diperhatikan,’’ imbuhnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Madiun, Yuni Setyawati Maidi menyebut wisuda kali ini merupakan angkatan pertama. Kegiatan SOTH dan Selantang juga terus berlanjut. Selain prosesi wisuda, juga dilakukan penyematan pin kepada calon siswa SOTH dan Selantang angkatan kedua. Setidaknya ada 60 siswa SOTH dan 60 siswa Selantang. Siswa SOTH angkatan kedua itu berasal dari Kelurahan Klegen dan Manguharjo. Sedang, siswa Selantang berasal dari Kelurahan Josenan dan Sogaten.

‘’Alhamdulillah masyarakat sangat antusias. Bahkan sudah banyak yang mengantri. Tetapi memang sengaja kita batasi sesuai rombel,’’ ungkapnya. (radit/agi/diskominfo)

  • Bagikan: