Jadi Narsum GPR TV, Wali Kota Sampaikan Terobosan Dapur Umum Gas Metan


  • Kategori Berita
  • By Admin Kota
  • 01 Mar 2023

Jadi Narsum GPR TV, Wali Kota Sampaikan Terobosan Dapur Umum Gas Metan

MADIUN – Terobosan menarik Wali Kota Maidi dalam memimpin Kota Madiun kembali menarik perhatian media. Kali ini GPR TV yang tertarik untuk mengulas terkait terobosan Dapur Umum 2G di areal Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Winongo. Dialog dengan wali kota tersebut rencananya akan tayang dalam program Kominfo News Room, Selasa (14/2) malam nanti. GPPR TV memang media dari Kementerian Kominfo RI.

‘’Dimanapun sampah itu merupakan masalah. Kalau di Kota Madiun, sampah ini menjadi berkah. Dari sampah itu kita kelola dengan baik dan menghasilkan gas metan,’’ kata wali kota.

Gas metan yang dihasilkan tersebut lantas dimanfaatkan untuk dapur umum. Wali kota membuat dapur umum gratis tak jauh dari TPA. Dapur umum itu bisa dimanfaatkan masyarakat. Wali kota juga menyediakan garam gratis. Tak ayal dinamakan dapur umum 2G. Yakni, gratis gas dan garam.

Selain itu, gas metan yang dihasilkan juga sudah disalurkan ke perumahan warga sekitar TPA. Setidaknya sudah ada 300 KK lebih yang sudah teraliri gas metan. Berkat aliran itu, masyarakat tidak perlu lagi membeli gas elpiji. Masyarakat bisa berhemat. Sedang, rumah yang belum teraliri bisa datang ke TPA untuk memasak di dapur umum tersebut.

‘’Jadi sampah sudah kita pilah sejak dari awal. Melalui bank sampah yang ada di masyarakat. Sampah non organik didaur ulang menjadi barang-barang bernilai ekonomis. Sedang, sampah organik dibawa ke TPA,’’ ungkapnya.

Pengelolaan sampah tersebut juga mengantarkan Wali Kota Maidi mendapat penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup. Selain itu juga mengantarkan Kota Madiun mendapat penghargaan smart city dimensi smart environtment. Wali Kota Maidi juga diundang menjadi pembicara kegiatan Kementerian LH dan Kominfo terkait pengelolaan lingkungan tersebut. (ney/agi/diskominfo)

  • Bagikan: