Peringatan Hari Lahir Pancasila, Pj Wali Kota: Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa

Card image cap
  • pemkotmadiun_
  • 01 Jun 2024 08:07:31

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Pj Wali Kota: Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Pj Wali Kota: Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa

MADIUN – Upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila berlangsung khidmat di Kota Madiun, Sabtu (1/6). Berlangsung di Balai Kota Madiun, upacara peringatan dipimpin Pj Wali Kota Eddy yang bertindak sebagai inspektur upacara. Peringatan semakin menarik lantaran peserta mengenakan pakaian adat dari berbagai suku di tanah air.

‘’Peringatan hari lahir Pancasila kali ini mengusung tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045, tema ini harus benar-benar kita ilhami dan kita resapi,’’ kata Pj Wali Kota Eddy.

Dalam upacara tersebut Pj wali kota juga membacakan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI. Berbagai hal pun disampaikan. Mulai soal sejarah singkat lahirnya Pancasila hingga terkait nilai-nilai serta tantangan ke depan. Pancasila, lanjutnya, diperkenalkan bapak Proklamator Ir. Soekarno melalui pidato yang dibacakan dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1 Juni 1945 silam. Tanggal itu lantas diperingati sebagai lahirnya dasar negara Pancasila.

‘’Tema ini mengandung makna bahwa Pancasila merupakan wujud cinta dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa di tanah air. Serta semangat untuk terus berbenah diri menuju Indonesia emas 2045 mendatang,’’ ujarnya.

Pj wali kota menambahkan terbentuknya negara yang berdaulat seperti sekarang ini tentu patut untuk senantiasa disyukuri. Karenanya apa yang sudah baik tersebut wajib untuk terus dijaga dan ditingkatkan. Seluruh komponen bangsa wajib untuk terus mengamalkan Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Ini penting mengingat tantangan ke depan juga semakin kompleks. Pancasila mempersatukan bangsa ini dalam menghadapi gelombang dan tantangan tersebut.

Lihat foto selengkapnya di

https://www.facebook.com/PemerintahKotaMadiun

===
WA AWAK SIGAP
Laporan aduan dan darurat
+62811-3577-800
===

#pemkotmadiun #madiun
#madiunkotapendekar
#IndonesiaBicaraBaik

#jatim #beritaterkini
#news #jawatimur #infojakarta
#indonesia #indonesiabagus
#madiun2024

#agendakotapendekar

  • Bagikan: