Tinjau Pelaksanaan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting, Pj Wali Kota: Ukur Tinggi dan Berat Badan Dilakukan Rutin Ti...

Card image cap
  • pemkotmadiun_
  • 12 Jun 2024 10:40:00

Tinjau Pelaksanaan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting, Pj Wali Kota: Ukur Tinggi dan Berat Badan Dilakukan Rutin Ti...

Tinjau Pelaksanaan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting, Pj Wali Kota: Ukur Tinggi dan Berat Badan Dilakukan Rutin Tiap Bulan

MADIUN – Genderang perang terhadap stunting terus bergema di Kota Madiun. Berbagai upaya pun dilakukan pemerintah daerah setempat. Salah satunya, melalui intervensi serentak pencegahan stunting di Posyandu. Kegiatan semakin serius karena ditinjau langsung Pj Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto, Rabu (12/6).

‘’Sekarang ukur tinggi dan berat badan bayi tidak lagi enam bulan sekali. Tetapi harus dilakukan setiap sebulan sekali. Warga yang memiliki bayi dan balita mohon untuk aktif melakukan pemeriksaan di Posyandu,’’ kata Pj Wali Kota Eddy saat meninjau kegiatan intervensi serentak di Posyandu 2 Mangga Kelurahan Sukosari.

Pemeriksaan yang lebih diintensifkan itu diharap bisa mempercepat temuan dan penanganan. Bayi atau balita yang memiliki perkembangan di bawah standar bisa segera dilakukan penanganan. Tidak hanya tinggi dan berat badan bayi. Pengukuran juga dilakukan untuk lingkar kepala. Sementara untuk ibu hamil juga dilakukan pemeriksaan lingkar perut. Urusan pencegahan stunting memang harus dilakukan sejak sebelum kelahiran.

‘’Warga juga harus aktif. Aktif ikut Posyandu dan juga aktif mengkomunikasikan perkembangan bayinya. Kalau memang ada perilaku yang mungkin tak biasa dari si bayi, harus dikomunikasikan dengan kader kesehatan atau petugas kesehatan,’’ jelasnya.

Kegiatan intervensi serentak tersebut berlangsung untuk seluruh Posyandu di Kota Pendekar. Total ada 271 Posyandu. Beberapa di antaranya dijadwalkan akan dikunjungi Pj Wali Kota Eddy. Tidak hanya meninjau pelaksanaan Posyandu, Pj wali kota yang juga kepala Bakesbang Provinsi Jawa Timur itu juga memberikan bantuan kepada sasaran.

Baca berita selengkapnya di

http://madiunkota.go.id/

===
WA AWAK SIGAP
Laporan aduan dan darurat
+62811-3577-800
===

#pemkotmadiun #madiun
#madiunkotapendekar
#IndonesiaBicaraBaik

#106tahunkotamadiun
#pesonadunia

#indonesia #indonesiabagus
#madiun2024

#agendakotapendekar

  • Bagikan: