Pembahasan APBD Perubahan Dimulai, Pj Wali Kota Sampaikan Nota Keuangan di Rapat Paripurna

pinned
  • pemkotmadiun_
  • 29 Jul 2024 06:58:39

Pembahasan APBD Perubahan Dimulai, Pj Wali Kota Sampaikan Nota Keuangan di Rapat Paripurna

Pembahasan APBD Perubahan Dimulai, Pj Wali Kota Sampaikan Nota Keuangan di Rapat Paripurna

MADIUN – Pembahasan APBD perubahan 2024 mulai berjalan. Pembahasan diawali rapat paripurna dengan agenda penyampaian nota keuangan wali kota atas Raperda APBD Perubahan 2024 yang berlangsung di DPRD Kota Madiun, Senin (29/7). Nota keuangan tersebut disampaikan Pj Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto.

Dalam nota keuangan itu pos pendapatan daerah diproyeksikan mengalami kenaikan sebesar Rp 32 miliar lebih. Yakni, dari jumlah sebelum perubahan sebesar Rp 1,97 T menjadi sebesar Rp 1,130 triliun. Setidaknya terdapat kenaikan 2,93 persen. Hal itu tak terlepas dari proyeksi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang juga mengalami peningkatan. Yakni, sebesar Rp 5 miliar lebih. Selain itu peningkatan juga diproyeksikan terjadi pada pendapatan transfer yang mengalami peningkatan Rp 26 miliar lebih.

Kenaikan juga diproyeksikan pada pos belanja daerah. Yakni, sebesar Rp 11 miliar lebih. Belanja daerah pada APBD 2024 mengalami perubahan anggaran semula Rp 1,232 triliun menjadi sebesar Rp 1,244 triliun atau bertambah 0,91 persen. Kenaikan tersebut dipengaruhi dari kenaikan belanja operasi, belanja modal, dan juga belanja tak terduga (BTT). Kenaikan BTT sendiri sebesar Rp 907 juta lebih.

Pj Wali Kota Eddy Supriyanto menyebut peningkatan tersebut berkaitan dengan kebutuhan yang juga masih cukup tinggi. Seperti terkait penanganan lansia, kesehatan, pendidikan, hingga pembangunan wisata untuk daya tarik kota. Selain itu, juga antisipasi terkait kejadian tak terduga. Tak heran, ada kenaikan untuk BTT Kota Madiun.

‘’BTT ini kan peruntukannya macem-macem. Bisa untuk kebencanaan maupun urusan pengendalian inflasi. Kita siapkan dulu siapa tahu nanti butuh penanganan inflasi yang mendadak maka anggarannya sudah siap,’’ kata Pj wali kota.

Baca berita selengkapnya di

http://madiunkota.go.id/


#pemkotmadiun #madiun
#madiunkotapendekar
#IndonesiaBicaraBaik

#106tahunkotamadiun
#pesonadunia

#indonesia #indonesiabagus
#madiun2024

#agendakotapendekar

#infografispendekar

  • Bagikan: