Rakor Lembaga Keuangan Kelurahan, Wali Kota Ingin LKK Semakin Berjalan Optimal

pinned
  • pemkotmadiun_
  • 13 Nov 2023 09:57:34

Rakor Lembaga Keuangan Kelurahan, Wali Kota Ingin LKK Semakin Berjalan Optimal

Rakor Lembaga Keuangan Kelurahan, Wali Kota Ingin LKK Semakin Berjalan Optimal

MADIUN – Keberadaan Lembaga Keuangan Kelurahan (LKK) cukup membantu masyarakat. Tak heran, keberadaannya harus terus dimaksimalkan. Rapat koordinasi pun digelar pengurus LKK di tiap kelurahan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Rakor di warung makan Ayam Goreng Pemuda tersebut semakin menarik dengan dihadiri Wali Kota Madiun, Maidi, Senin (13/11).

Wali Kota Maidi menyebut LKK wajib dikelola dengan baik. Salah-salah, bisa bermasalah dengan hukum. Sebab, yang dikelola merupakan bantuan modal dari pemerintah. Wali kota menyebut bantuan modal tersebut sudah sekitar 18 tahun yang lalu. Sampai saat ini perputaran uangnya sudah mencapai Rp 30 miliar. Namun, Rp 7,9 miliar di antaranya tercatat sebagai kredit macet.

‘’Ini butuh peran kita bersama. Lurah harus ikut membantu, ikut memantau, tetapi jangan memberikan kebijakan yang sifatnya tidak tahu,’’ kata wali kota.

Wali kota menyebut keberadaan LKK tersebut akan semakin dioptimalkan dengan dihadirkannya payung hukum berupa Perda. Yakni, Perda Lembaga Keuangan Mikro. Namun, sampai saat ini Perda yang dimaksud belum juga kelar. Dengan hadirnya Perda tersebut diharap mempermudah LKK dan beroperasional.

‘’Kalau bentuknya Perda siapapun wali kotanya harus menjalankan. Kalau hanya perwal atau kebijakan, nanti bisa diganti sewaktu-waktu,’’ ungkapnya.

LKK di Kota Madiun ada di tiap kelurahan. Namun, ada yang berjalan optimal. Ada juga yang hidup segan matipun tak mau. Padahal, keberadaannya cukup dapat diandalkan urusan finansial masyarakat. Selain bunga pinjaman yang cukup rendah, syarat peminjaman juga tak ribet. Namun, beberapa peminjam nakal tak bertanggung jawab hingga terjadi kredit macet. (dspp/agi/diskominfo)

Baca berita selengkapnya di

http://madiunkota.go.id/

#pemkotmadiun #madiun
#madiunkotapendekar
#IndonesiaBicaraBaik

#jatim #beritaterkini
#news #jawatimur #infojakarta
#indonesia #indonesiabagus
#madiun2023

#aseanindonesia2023
#aseanmatters
#aseanepicentrumofgrowth

#agendakotapendekar

  • Bagikan: