Sukses Kelola Lima Pilar STBM, Wali Kota Didapuk Jadi Narasumber Rakornas Kemenkes

pinned
  • pemkotmadiun_
  • 13 Sep 2023 09:57:12

Sukses Kelola Lima Pilar STBM, Wali Kota Didapuk Jadi Narasumber Rakornas Kemenkes

Sukses Kelola Lima Pilar STBM, Wali Kota Didapuk Jadi Narasumber Rakornas Kemenkes

JAKARTA - Setelah mendeklarasikan pencanangan STBM Lima Pilar di Jawa Timur, Kota Madiun juga sukses menyabet penghargaan STBM Award tahun lalu. Atas capaian itu, Wali Kota Madiun Maidi didapuk menjadi narasumber dalam Rapat Koordinasi Nasional Air Minum dan Sanitasi 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pecegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI di Swissotel Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Rabu (13/9).

Dalam event yang mengangkat tema Tuntaskan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) Menuju Air Minum dan Sanitasi Aman Untuk Indonesia Sehat itu, wali kota memaparkan strategi Kota Madiun dalam hal pengelolaan sampah.

Dalam paparannya, orang nomor satu di Kota Pendekar tersebut memperlihatkan kondisi Kota Madiun pada awal 2019. Khususnya, kawasan Sumber Umis yang kumuh. Dalam satu tahun, wali kota menghadirkan perubahan hingga Kota Madiun berhasil menjadi jujukan wisata. Bahkan, menjadi lokasi studi tiru berbagai daerah di tanah air.

"Keberadaan tol dari Solo langsung ke Surabaya menjadi tantangan. Banyak ahli mengatakan bahwa Kota Madiun akan ditinggalkan. Namun, tantangan ini kami ubah menjadi keuntungan dengan menciptakan magnet di Kota Madiun," ujarnya.

Keberadaan wisatawan yang semakin banyak tentu berdampak terhadap peningkatan volume sampah. Hal ini juga diubah menjadi keuntungan bagi Kota Madiun. Yakni, melalui upaya penyediaan bahan bakar berupa gas metan yang diolah dari sampah.

"Di kota kami, sampah bukan masalah. Sampah justru bisa menjadi berkah," imbuhnya.

Dengan adanya gas metan, wali kota menciptakan fasilitas seperti rumah sauna dan dapur umum bagi masyarakat. Seluruhnya dapat digunakan secara gratis oleh masyarakat.

Lebih lanjut, upaya pelestarian lingkungan juga menjadi perhatian wali kota. Yakni, dengan kebijakan lahir satu bayi wajib menanam satu pohon. Dengan begitu, ekosistem tanaman di Kota Madiun akan tetap terjaga.

"Upaya-upaya ini yang kami lakukan dan akan terus kami sempurnakan. Sehingga, dapat meningkatkan manfaat bagi masyarakat," tandasnya. (Ws hendro/irs/diskominfo)

  • Bagikan: