Jelang Hari Jadi, Pj Wali Kota Bersama Forkopimda Gelar Ziarah Makam

Card image cap
  • pemkotmadiun_
  • 19 Jun 2024 06:24:24

Jelang Hari Jadi, Pj Wali Kota Bersama Forkopimda Gelar Ziarah Makam

Jelang Hari Jadi, Pj Wali Kota Bersama Forkopimda Gelar Ziarah Makam

MADIUN - Pj Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto bersama Forkopimda, pimpinan OPD, camat, dan pimpinan BUMD di Kota Pendekar menggelar prosesi ziarah makam leluhur pada Rabu (19/6).

Kegiatan yang dilakukan di Makam Kuncen dan Makam Kuno Taman itu merupakan bagian dari rangkaian menyambut Hari Jadi ke-106 Kota Madiun. Prosesi ziarah makam diawali dengan doa bersama di area makam.

Selanjutnya, wali kota melaksanakan adat potong tumpeng. Kemudian, dilanjutkan dengan menabur bunga di atas persemayaman leluhur. ‘’Hari jadi ini sebagai momentum mengenang jasa-jasa beliau ini. Karena tanpa beliau semua, kota kita tidak akan menjadi seperti saat ini,’’ ujarnya.

Adapun di Makam Kuncen, Pj wali kota melaksanakan prosesi tabur bunga di makam Ki Ageng Panembahan Ronggo Djoemeno yang menjabat Bupati Madiun era 1568 - 1586. Kemudian, makam Bupati Mangkunegara 1, Patih Wonoasri, dan para bupati Madiun lainnya.

Selanjutnya, di Makam Kuno Taman, rombongan mengunjungi makam Raden Ronggo Prawirodirjo I atau Raden Ronggo Prawiro Sentiko yang menjadi Bupati Brang Wetan Gunung Lawu (1755-1784), Raden Ronggo Prawirodirjo II yang menjabat Bupati Madiun (1784-1797). Raden Ronggo Prawirodirjo II merupakan kakek dari Raden Ronggo Prawirodiningrat. Kemudian, makam Raden Bagoes Sentot Prawirodirdjo, panglima perang Pangeran Diponegoro.

‘’Harapannya, generasi muda tidak melupakan masa lalu. Apa lagi, jasa-jasa para pahlawan yang sudah berjuang untuk kita,’’ imbuhnya.

Pj wali kota mengajak masyarakat untuk lebih peduli kepada sesama. Karenanya, beragam kegiatan yang melibatkan masyarakat akan ditingkatkan.

‘’Di hari ulang tahun ini, kita ingin semuanya bahagia dan masyarakat ikut mendukung pembangunan di Kota Madiun,’’ ujarnya.

Dalam kesempatan itu, sekaligus dibagikan sejumlah bantuan kepada warga. Di antaranya BLTD, bantuan anak stunting, hingga bantuan gerobak dari Baznas.
(Ney/kus/diskominfo)

Baca berita selengkapnya di

http://madiunkota.go.id/



#106tahunkotamadiun
#pesonadunia

#indonesia #indonesiabagus
#madiun2024

#agendakotapendekar

  • Bagikan: