Penandatanganan Berita Acara Bantuan Keuangan Parpol, Pj Wali Kota, Parpol Punya Tanggung Jawab Beri Pendidikan Politik ...

Card image cap
  • pemkotmadiun_
  • 19 Jun 2024 11:07:29

Penandatanganan Berita Acara Bantuan Keuangan Parpol, Pj Wali Kota, Parpol Punya Tanggung Jawab Beri Pendidikan Politik ...

Penandatanganan Berita Acara Bantuan Keuangan Parpol, Pj Wali Kota, Parpol Punya Tanggung Jawab Beri Pendidikan Politik

MADIUN – Secara aturan partai politik (parpol) berhak mendapatkan bantuan keuangan dari pemerintah. Batuan keuangan partai politik tersebut digunakan untuk pendidikan politik hingga kesekretariatan. Bantuan untuk parpol di Kota Pendekar itu diberikan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Madiun. Penandatanganan berita acara bantuan keuangan tersebut dihadiri Pj Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto di Sun Hotel, Rabu (19/6).

‘’Hari ini tadi berita acara penandatanganan bantuan keuangan partai politik. Untuk besarannya setiap parpol berbeda. Yang jelas 60 persen digunakan untuk pendidikan politik dan 40 persen untuk urusan kesekretariatan partai. Artinya, parpol punya tanggung jawab berikan pendidikan politik kepada masyarakat,’’ kata Pj wali kota.

Besaran bantuan kepada parpol ditentukan dari perolehan suara saat Pileg lalu. Ini merupakan bantuan keuangan untuk parpol di Kota Madiun hasil Pileg 2019 lalu. Setidaknya ada sebelas parpol. Yakni, PPP yang mendapatkan Rp 19 Juta lebih, PKS (Rp 41 juta lebih), PSI (Rp 47 juta lebih), PKB (Rp 65 juta lebih), Perindo (Rp 72 juta lebih), Demokrat (Rp 83 juta lebih). PAN (Rp 14 juta lebih), Nasdem (Rp 44 juta lebih), Golkar (Rp 49 juta lebih), Gerindra (Rp 65 juta lebih), dan PDIP yang mendapat Rp 131 juta lebih.

‘’Jadi setiap suara itu nilainya Rp 8.500. Ini sudah besar, kalau di provinsi satu suara kalau tidak salah Rp 5.000,’’ jelasnya.

Tak hanya penandatanganan berita acara, kegiatan juga berlanjut bimbingan teknis pengelolaan bantuan keuangan parpol 2024. Bimbingan menghadirkan narasumber dari berbagai pihak. Mulai Kejaksaan Negeri, BKAD, hingga Ikatan Akuntansi Indonesia. Bimbingan memang mengarah pada pelaporan keuangan atas bantuan tersebut.

Baca berita selengkapnya di

http://madiunkota.go.id/

===
WA AWAK SIGAP
Laporan aduan dan darurat
+62811-3577-800
===

#pemkotmadiun #madiun
#madiunkotapendekar
#IndonesiaBicaraBaik

#106tahunkotamadiun
#pesonadunia

#indonesia #indonesiabagus
#madiun2024

#agendakotapendekar

  • Bagikan: