Rakor Pengawasan dan Pengendalian BKN, Wali Kota: Kota Madiun Siap Menuju Birokrasi Berkelas Dunia

Card image cap
  • pemkotmadiun_
  • 06 Feb 2024 14:57:27

Rakor Pengawasan dan Pengendalian BKN, Wali Kota: Kota Madiun Siap Menuju Birokrasi Berkelas Dunia

Rakor Pengawasan dan Pengendalian BKN, Wali Kota: Kota Madiun Siap Menuju Birokrasi Berkelas Dunia

BADUNG – Birokrasi di tanah air terus dibenahi. Harapannya, bisa menuju birokrasi berkelas dunia. Rapat koordinasi (rakor) Pengawasan dan Pengendalian BKN pun digelar. Pertemuan yang berlangsung di The Stone Hotel Legian, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (6/2) itu dihadiri kepala daerah di tanah air. Tak terkecuali Wali Kota Madiun, Dr. Maidi.

Dalam rakor tersebut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas menyampaikan pentingnya peningkatan peran ASN dalam peningkatan birokrasi tersebut. Hal itu sejalan dengan tema yang diambil. Yakni, “Mewujudkan Netralitas ASN dalam Bingkai Meritokrasi: Menuju Birokrasi Berkelas Dunia”. MenPANRB menyampaikan apa yang dikerjakan ASN harus selalu berdampak.

‘’Seperti arahan bapak presiden, harus berdampak kedua bukan tumpukan kertas. ASN tidak boleh hanya berangkat pagi pulang sore tetapi tidak berdampak kepada masyarakat,’’ kata Azwar Anas.

Bukan tumpukan kertas berarti harus efisien dan tidak boleh menunda pekerjaan. MenPANRB juga menyampaikan untuk tidak berlomba membuat aplikasi. Tetapi cukup menggunakan aplikasi yang ada dengan penyesuaian-penyesuaian. Sebab, aplikasi yang ada sudah cukup banyak dan tidak perlu ditambah kembali. Perubahan-perubahan tersebut perlu dilakukan dari sekarang mengingat Indonesia memiliki target besar di 2045 mendatang. Yakni, empat besar ekonomi dunia.

‘’Untuk mencapai ini tentu diperlukan SDM yang kompetitif, bisa berperan besar, dan pelayanan publik yang berkualitas. Tidak boleh ada instrument yang tumpang tindih kebijakan. Selain itu, digitalisasi diperlukan tetapi wajib mengurangi proses birokrasi,’’ jelasnya.

Baca berita selengkapnya di

http://madiunkota.go.id/

#pemkotmadiun #madiun
#madiunkotapendekar
#IndonesiaBicaraBaik

#jatim #beritaterkini
#news #jawatimur #infojakarta
#indonesia #indonesiabagus
#madiun2024

#aseanindonesia2024
#aseanmatters
#aseanepicentrumofgrowth

#agendakotapendekar

  • Bagikan: