Terima Kunjungan Balasan Pemkot Balikpapan, Wali Kota Paparkan Upaya Pembangunan Kota

Card image cap
  • pemkotmadiun_
  • 02 Feb 2024 08:53:08

Terima Kunjungan Balasan Pemkot Balikpapan, Wali Kota Paparkan Upaya Pembangunan Kota

Terima Kunjungan Balasan Pemkot Balikpapan, Wali Kota Paparkan Upaya Pembangunan Kota

MADIUN - Pemerintah Kota Balikpapan hadir untuk melaksanakan kunjungan kerja ke Kota Madiun, Jumat (2/1). Selain mempelajari pembangunan kota berkelanjutan, kegiatan tersebut juga sebagai kunjungan balasan atas kehadiran Pemkot Madiun di Balikpapan Desember lalu.

Rombongan Balikpapan pun disambut oleh Wali Kota Madiun, Dr. Maidi bersama jajaran pejabat Pemkot Madiun di balai kota. Orang nomor satu di Kota Pendekar itupun memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengenalkan Kota Madiun.

Dalam sambutannya, Wali Kota Maidi menyampaikan kondisi Kota Madiun di awal masa kepemimpinannya. Kemudian, upaya yang telah dilakukannya untuk mengubah wajah kota dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kota ini hampir menjadi kota mati. Apalagi ada ancaman tol yang membuat Kota Madiun semakin ditinggalkan. Namun, masalah ini kami ubah menjadi berkah," ujarnya.

Dalam mengubah wajah kota, Wali Kota Maidi belajar dari berbagai negara yang dikunjunginya. Kemudian, membawa ikon dari negara tersebut untuk menjadi daya tarik di Kota Madiun.

Tak disangka, cara itu rupanya efektif meningkatkan kunjungan di Kota Madiun. Sehingga, UMKM semakin laris dan perekonomian masyarakat mengalami peningkatan.

"Dari prestasi yang kami dapatkan di tingkat nasional, kami mendapat dana pembangunan yang itu dibagikan ke 27 kelurahan untuk membangun lapak UMKM," imbuhnya.

Selain itu, wali kota mengeluarkan kebijakan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian bagi pekerja sektor non formal, menjalankan universal health coverage bagi warga Kota Madiun, serta bantuan lainnya untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sementara itu, Sekda Kota Balikpapan Muhaimin menuturkan bahwa ratusan penghargaan yang diraih Kota Madiun, khususnya Smart City dan SAKIP, mendorong Pemkot Balikpapan untuk belajar.

"Semoga ke depannya Kota Balikpapan bisa semakin maju dan kotanya tertata rapi seperti Kota Madiun," tandasnya. (Dspp/irs/diskominfo)

  • Bagikan: