Peringati Hardiknas dan Hari Kartini, 1.600 Anak TK se-Kecamatan Taman Gelar Pawai Budaya, Bunda PAUD Beri Apresiasi


  • Kategori Berita
  • By Admin Kota
  • 10 May 2023

Peringati Hardiknas dan Hari Kartini, 1.600 Anak TK se-Kecamatan Taman Gelar Pawai Budaya, Bunda PAUD Beri Apresiasi

MADIUN – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sekaligus Hari Kartini belum usai di Kota Madiun. Kali ini, giliran anak-anak TK se-Kecamatan Taman yang melakukan peringatan melalui pawai budaya, Rabu (10/5). Mengambil start di Ngrowo Bening, kegiatan setidaknya diikuti sekitar 1.600 anak-anak TK. Kegiatan semakin meriah karena diberangkatkan Wali Kota Maidi didampingi Ketua TP PKK Yuni Setyawati Maidi sebagai Bunda PAUD Kota Madiun.

Anak-anak tampak antusias. Setidaknya ada 37 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang mengikuti kegiatan. Anak-anak mengikuti kegiatan dengan mengusung tema masing-masing. Mulai Bhineka Tunggal Ika dengan berkostum baju adat, profesi, hingga memanfaatkan barang bekas seperti tas plastik dan koran bekas. Tak heran, hal itu menarik perhatian Bunda PAUD Yuni Setyawati Maidi.

‘’Alhamdulillah, ini sangat luar biasa. Saya bangga dan senang. Sebagai Bunda PAUD saya mengapresiasi kegiatan ini,’’ katanya.

Sebab, kegiatan bukan sekedar unjuk gigi peserta didik. Namun, sarat akan pembelajaran. Mulai tentang kebudayaan, keberagaman, hingga sosial. Anak-anak bisa bersosialisasi dengan banyak orang. Selain itu, juga melatih mental anak-anak untuk tampil di depan publik. Apalagi, anak-anak juga menampilkan kebolehan menari dan lainnya sepanjang rute pawai. Bunda PAUD menambahkan hal-hal itu tentu baik untuk kemajuan anak-anak Kota Pendekar.

‘’Ini tentu butuh peran kita semua. Tidak hanya peran guru, tetapi peran orang tua juga. Orang tua juga harus banyak berperan untuk pendidikan anak,’’ ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Maidi menyebut Pemerintah Kota Madiun terus berupaya mewujudkan SDM yang berkualitas ke depan. Khususnya untuk menyongsong generasi emas 2045 mendatang. Tidak hanya dengan memberikan ruang dan kesempatan, Pemkot Madiun juga memberikan fasilitas. Salah satunya, laptop gratis beserta layanan internetnya. Dengan fasilitas tersebut wali kota berharap pelajar di Kota Madiun tidak hanya membuka jendela dunia, tetapi juga pintu dunia.

‘’Kota kita satu-satunya di tanah air yang sudah menyiapkan generasi emas 2045. Anak-anak ini 20 tahun lagai menjadi pemimpin-pemimpin bangsa. Harus kita siapkan benar dari sekarang,’’ pungkasnya. (radit/agi/diskominfo)

  • Bagikan: