Optimalkan Wisata dan Pendidikan, Wali Kota Jalin Kerja Sama dengan Sejong Foundation Korea Selatan


  • Kategori Berita
  • By Admin Kota
  • 09 May 2023

Optimalkan Wisata dan Pendidikan, Wali Kota Jalin Kerja Sama dengan Sejong Foundation Korea Selatan

SURABAYA – Kerja sama bilateral Kota Madiun terus berlanjut. Kali ini, Kota Pendekar menjajaki kerja sama dengan Korea Selatan. Penjajakan kerja sama itu mengemuka saat Forum Group Discussion (FGD) yang berlangsung di Bumi Surabaya City Resort, Senin (8/5) malam. Wali Kota Madiun, Maidi menyebut kerja sama dengan Sejong Foundation Korea Selatan tersebut lebih kepada dunia pendidikan dan pariwisata.

‘’Terima kasih malam hari ini kita bertemu untuk bekerja sama dengan Korea Selatan menindaklanjuti smart city untuk perkembangan kota,’’ kata wali kota usai FGD.

Wali Kota Maidi tidak sendiri, ada juga Bupati Sumenep dan juga Kepala Dinas Pendidikan se-Jawa Timur serta stakeholder terkait. Dalam FGD tersebut hadir pula Mr. Hyung Kim Jed dari Sejong Foundation tersebut. Selain itu, hadirnya FGD juga berkat kerja sama dengan Yayasan Pawiyatan Suluh Nagari. Wali kota menyebut Kota Madiun memang terus berinovasi dalam pembangunan terutama dalam dunia pendidikan. Hal itu dilakukan guna mempersiapakan generasi emas tanah air di 2045 mendatang.

‘’Yang sudah berjalan baik akan kita kembangkan lagi, potensi-potensi yang ada di kota kita akan kita kembangkan dengan Korea Selatan. Termasuk pendidikan dan pariwisata ya. Alhamdulillah malam ini semua akan terealisasi,’’ jelasnya.

Seperti diketahui, Wali Kota Maidi bersama sejumlah kepala daerah lainnya memang pernah melaksanakan kunjungan kerja ke Korea Selatan akhir 2022 lalu. Di Negeri Gingseng tersebut, wali kota mengunjungi sejumlah daerah untuk Studi Banding Implementasi Kota Cerdas yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Wali kota menyebut pertemuan di Surabaya merupakan tindak lanjut dari yang kegiatan studi banding sebelumnya.

Wali Kota Maidi memang gemar menjalin kerja sama bilateral. Dalam sejumlah kunjungan luar negeri wali kota, setidaknya ada banyak penjajakan kerja sama. Selain dengan korea selatan, ada juga jalinan kerja sama dengan Ceko dan Rumania. Ada juga yang datang ke Kota Madiun seperti dari salah satu Universitas di Malaysia. Sekitar Juni nanti juga dijadwalkan ada kunjungan dari negara Kenya terkait dengan penanganan kesehatan.

‘’Untuk menjadikan kota ini semakin maju, kita harus mulai menjajaki kerja sama dengan negara lain. Khususnya negara-negara yang sudah lebih maju. Ini kita sedang terus mengupayakan itu,’’ ungkapnya.

Ketua Yayasan Pawiyatan Suluh Nagari, Suko Widodo menyebut dari FGD tersebut mengemuka kerja sama terkait beasiswa pendidikan, pertukaran pelajar, hingga pengenalan produk-produk unggulan Kota Madiun. Selain itu, juga mengemuka kerja sama di bidang pariwisata.

‘’Dari Sejong Foundation dan kami di Yayasan Pawiyatan Suluh Nagari siap untuk memfasilitasi berbagai kerja sama khususnya di bidang pendidikan,’’ ujarnya. (ney/agi/diskominfo)

  • Bagikan: