Peringati Hari Kartini, Pemkot Gelar Lomba Petugas Dirigen dan MC


  • Kategori Berita
  • By Admin Kota
  • 27 Apr 2023

Peringati Hari Kartini, Pemkot Gelar Lomba Petugas Dirigen dan MC

MADIUN – Peringatan Hari Kartini di Kota Madiun makin seru dengan perlombaan. Kali ini, sejumlah Kartini masa kini perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti lomba master of ceremony (MC) dan Dirigen yang digelar Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Madiun. Lomba digelar usai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kartini, Kamis (27/4).

‘’Ini dalam rangka meramaikan peringatan Hari Kartini sekaligus untuk mencari bakat-bakat petugas MC dan dirigen,’’ kata Kepala Bagian Umum Setda Kota, Anita Maharani.

MC dan Dirigen, lanjutnya, merupakan petugas penting dalam acara resmi kedinasan. Melalui perlombaan tersebut dia berharap akan memunculkan petugas-petugas MC dan Dirigen yang mumpuni di tingkat OPD. Seperti diketahui, MC dan Dirigen saat ini masih mengandalkan petugas dari Bagian Umum. Padahal, kegiatan sering kali bertumpuk. Karenanya, dia berharap OPD juga memiliki petugas yang siap sewaktu-waktu dibutuhkan.

‘’Setiap OPD pastinya memiliki kegiatan kedinasan yang bersifat resmi dan tidak menutup kemungkinan waktunya bersamaan. Saat ini terjadi, harapan kami, OPD juga siap dengan petugasnya sendiri,’’ ujarnya.

Anita menambahkan secara umum peserta cukup memahami standar baku petugas MC dan Dirigen acara kedinasan. Hanya, mungkin terkait mental dan kepercayaan diri. Karenanya, dalam kegiatan perlombaan tersebut sekaligus sebagai media pembelajaran bersama. Harapannya, bisa menambah wawasan peserta.

‘’Tentu ada banyak ketentuan yang boleh dan tidak, secara umum peserta sudah cukup memahami. Tetapi tentu ada hal lain seperti ketepatan intonasi, ekspresi, dan lain sebagainya,’’ ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut setidaknya diikuti sebanyak 70 peserta. Baik yang mengikuti perlombaan MC maupun Dirigen. Setiap OPD memang minimal mengirim satu peserta MC dan Dirigen. Anita berharap kegiatan memunculkan petugas MC dan Dirigen jempolan ke depan. Dalam perlombaan tersebut kategori petugas MC dimenangkan peserta dari Dinas Kominfo Kota Madiun sedang kategori Dirigen dimenangkan peserta dari Dinas Pendidikan Kota Madiun. (dspp/agi/diskominfo)

  • Bagikan: