Kota Madiun Raih Tiga Penghargaan Sekaligus Dalam Top BUMD Award 2023


  • Kategori Berita
  • By Admin Kota
  • 06 Apr 2023

Kota Madiun Raih Tiga Penghargaan Sekaligus Dalam Top BUMD Award 2023

JAKARTA – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Taman Sari Kota Madiun berhasil mencuri perhatian di tingkat nasional. Bagaimana tidak, Perumda Tirta Taman Sari berhasil meraih Top BUMD Award 2023 Bintang 5. Tak hanya itu, Wali Kota Madiun, Maidi dan Direktur Utama Perumda Tirta Taman Sari, Suyoto juga mendapat penghargaan sebagai Top Pembina dan CEO dalam gelaran Top BUMD Award 2023 tersebut. Penghargaan berlangsung di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (5/4).

Wali Kota Madiun, Maidi menyebut penghargaan yang didapat sekaligus menjadi bukti baiknya kinerja Perumda di Kota Madiun, khususnya Perumda Tirta Taman Sari. Sejumlah perubahan memang dilakukan. Salah satunya, terkait manajemen sosial-bisnis yang diubah menjadi bisnis-sosial. Perubahan itu terbukti memberikan banyak perubahan. Mulai peningkatan pendapatan dan meniminalkan kebocoran. Selain itu, juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan pegawai.

Biarpun begitu, orientasi sosial juga tidak ditinggalkan. Perusahaan tidak hanya mengutamakan keuntungan semata. Tetapi juga mengedepankan kegiatan sosial. Yakni, pelayanan kepada masyarakat. Tak heran, jika kemudian muncul banyak program sosial. Seperti program sambungan gratis, bantuan sembako, jaminan sosial tenaga kerja untuk Marbot Masjid, Guru TPA, Penjaga Makam, dan lain sebagainya.

‘’Ini membuktikan kalau kinerja Perumda (PDAM) kita baik ya. Kita dinilai secara nasional dan dapat bintang 5,’’ ujarnya.

Penghargaan itu tentu tidak terlepas dari peran dan sosok seorang pemimpin. Yakni, Dirut Perumda Tirta Taman Sari Suyoto dan juga Wali Kota Madiun, Maidi selaku pembina. Keduanya juga mendapat penghargaan masing-masing. Wali kota menambahkan sebagai pemimpin Kota Madiun, dirinya wajib memberikan arahan-arahan demi peningkatan kualitas Perumda. Baik kualitas dalam hal bisnis maupun sosial. Dalam hal bisnis wajib adanya peningkatan keuntungan untuk kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sedang, urusan sosial yakni peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

‘’Prinsipnya kita bekerja memberikan yang terbaik. Memberikan pelayanan yang terbaik. Kalau sudah memberikan yang terbaik, hasil yang terbaik juga akan kita dapatkan,’’ pungkasnya.

Penghargaan tingkat nasional ini digelar Majalah Top Business bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) serta beberapa lembaga, asosiasi dan konsultan bisnis. Pun, juga didukung Kementerian Dalam Negeri RI. (ws hendro/agi/diskominfo)

  • Bagikan: