Optimalkan Pendidikan Keluarga, Pemkot Sosialisasikan Sekolah Orang Tua Hebat


  • Kategori Berita
  • By Admin Kota
  • 01 Mar 2023

Optimalkan Pendidikan Keluarga, Pemkot Sosialisasikan Sekolah Orang Tua Hebat

MADIUN – Pendidikan berkualitas tak bisa lepas dari peran orang tua hebat. Karenanya, Sumber Daya Manusia (SDM) orang tua atau wali murid juga harus terus ditingkatkan. Harapannya, orang tua bisa menjadi guru yang hebat saat di rumah.

Pemerintah Kota Madiun terus berupaya meningkatkan SDM orang tua. Salah satunya, melalui program Sekolah Orang Tua Hebat (SOUTH). Sosialisasi program tersebut digelar di Sun Hotel, Kamis (16/2). Wali Kota Maidi dan Bunda Paud Yuni Setyawati Maidi juga turut hadir dalam sosialisasi tersebut.

‘’Investasi anak jangan dinilai dari uang. Tapi bagaimana anak ini bisa lebih baik dari orang tuanya,’’ kata wali kota.

Orang tua hebat, kata wali kota, harus mengetahui apapun tentang anaknya. Bisa mendidik layaknya guru di sekolah. Hal itu penting mengingat waktu anak di rumah lebih banyak daripada di sekolah. Karenanya, pendidikan di keluarga memegang peran penting dalam peningkatan SDM anak-anak generasi penerus bangsa.

‘’Di sekolah hanya beberapa jam. Sisanya di rumah. Kalau pendidikan di rumah tidak dioptimalkan, ya tumbuh kembang anak juga kurang maksimal,’’ ungkapnya.

Apalagi, bagi kedua orang tua yang bekerja. Anak hanya dititipkan kepada pembantu. Wali kota tak menyalahkan orang tua yang bekerja. Namun, dia juga berharap anak untuk dititipkan pada pembantu yang berkompeten. Misalnya, pembantu yang memiliki sertifikasi terkait pola pengasuhan anak usia dini.

‘’Kalau cari pembantu jangan yang murah sekedar menjaga. Tetapi yang memiliki kemampuan pendidikan anak usia dini. Ini baru orang tua hebat,’’ jelasnya.

Apalagi, sering kali orang tua menuntut anaknya harus serba bisa tanpa melihat usia sang anak. Hal itu jelas keliru. Orang tua harus berfikir seperti usia anaknya. Tidak boleh dipaksakan.

‘’Bocah nem tahun kon nduwe pikiran kayak ibu e seng 30 tahun ya gak iso (anak kecil enam tahun dituntut berfikir kayak ibunya yang sudah 30 tahun, ya tidak bisa). Anak kecil keliru itu biasa. Jangan sedikit-sedikit dimarahi karena tidak bisa,’’ tegasnya.

Dalam kegiatan sosialisasi SOUTH itu juga dihadirkan 20 guru PAUD sebagai Training of Trainer (ToT). Harapannya, ilmu yang didapat bisa ditularkan kepada orang tua lain. (ney/agi/diskominfo)

  • Bagikan: