MADIUN – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan berlanjut. Musrenbang untuk pembangunan tahun anggaran 2023 itu sampai di Kelurahan Kartoharjo, Senin (10/1) malam. Wali Kota Madiun Maidi memimpin langsung jalannya Musrenbang dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

‘’Saya sengaja turun langsung untuk memastikan program-program prioritas ter-cover dan terlaksana. Jangan hanya diusulkan tetapi tidak terealisasi,’’ kata wali kota saat Musrenbang yang berlangsung di Lapak UMKM Sendang Gayam itu.

Bahkan, usulan warga yang sifatnya bisa langsung dilaksanakan tahun ini tidak perlu menunggu tahun depan. Wali kota langsung menginstruksikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mengerjakan. Salah satu contohnya usulan terkait pemasangan lampu penerangan jalan. Wali Kota Maidi menginstruksikan Dinas Perkim untuk segera memasangnya tahun ini.

‘’Yang kecil-kecil seperti ini kalau bisa tahun ini, ya segera saja dikerjakan. Perkim tolong ya, segera dipasang,’’ tegas wali kota.

Setiap usulan memang dicek satu persatu. Usulan yang sekiranya kurang tepat langsung dialihkan. Salah satunya, usulan perbaikan salah satu jalan gang. Wali kota langsung meminta usulan dialihkan yang lain. Sebab, gang yang dimaksud banyak melewati lahan dan rumah kosong. Wali kota meminta usulan dialihkan untuk pembangunan yang lebih efektif-efisien.

‘’Kalau di gang itu hanya ada lahan dan rumah kosong, buat apa. Mending untuk pembangunan yang yang lain. Yang seperti ini segera saja diputuskan. Jadi tidak perlu menunggu. Tidak perlu bertanya-tanya, kok belum terealisasi,’’ ungkapnya.

Wali kota memang tidak hanya mendengar usulan. Setiap usulan juga dilakukan pengecekan bagaimana kondisi dan situasinya. Salah satunya dengan memanfaatkan layanan google street. Dengan begitu, program pembangunan bisa tepat, cepat, dan bermanfaat. (ws hendro/agi/diskominfo)