MADIUN – Pembelajaran luar ruang atau outdoor learning yang dicetuskan Wali Kota Madiun Maidi tak hanya sekadar wacana. Inovasi tersebut diterapkan wali kota pada siswa-siswi PAUD Cendekia Kids School, seperti yang terlihat pada Kamis (3/6).

Di halaman Balaikota, orang nomor satu di Kota Pendekar itu mengajak siswa-siswi PAUD untuk bernyanyi dan mengenalkan kesenian khas daerah, seperti pencak silat. Di kesempatan itu, wali kota mengatakan konsep outdoor learning merupakan sebuah inovasi agar anak-anak tidak bosan dalam belajar.

“Anak-anak senang bisa ketemu temannya, tetapi tidak bergerombol. Bulan depan kalau tidak bulan ini saya akan mengajar bapak ibu yang punya anak kecil,” ungkap wali kota.

Sehingga, lanjutnya, bapak ibu di rumah bisa jadi guru sementara bagi anak-anaknya. Wali kota menegaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran secara daring. Sehingga, meski tidak diajari langsung oleh guru-guru di sekolah, siswa tetap mampu menyerap materi.

“Jadi meskipun pembelajaran masih dilakukan secara daring, harapannya tetap bisa maksimal dan anak-anak memahami materi yang sedang dipelajari,” tandasnya.
(luki/kus/diskominfo)