MADIUN – Gotong royong merupakan akar budaya masyarakat Indonesia. Untuk itu, pemerintah terus berupaya untuk memupuk kegiatan tersebut agar tetap terjaga dan dilestarikan oleh masyarakat.
Dalam rangka memupuk semangat gotong royong, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menggelar Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Provinsi Jatim tahun 2021. Kota Madiun, tepatnya Kelurahan Madiun Lor, menjadi salah satu nominasi yang ditunjuk oleh dewan juri untuk melakukan pemaparan materi.
Prosesi penilaian paparan tersebut berlangsung secara virtual di Gedung GCIO Kota Madiun, Selasa (6/4). Wali Kota Madiun Maidi bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi turut menghadiri kegiatan tersebut. Begitu pula, Sekda Kota Madiun Rusdiyanto, OPD terkait, dan TP PKK Kelurahan Madiun Lor sebagai pelaksana kegiatan.
‘’Gotong royong itu penting. Tidak hanya karena ada lomba. Tapi juga harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat,’’ tutur Wali Kota Madiun Maidi.
Meski begitu, wali kota mengimbau Kelurahan Madiun Lor sebagai nominator perlombaan ini dapat menampilkan presentasi yang terbaik di hadapan dewan juri. Serta, wajib optimis bisa memenangi perlombaan.
Dalam paparan tersebut disampaikan sejumlah inovasi unggulan di Kelurahan Madiun Lor. Di antaranya, Ambulans Siaga, Gerakan PT 19 Dalam Pencatatan Informasi Kependudukan (Gelas Cantik), Damkar Mini, Jimpitan Andalan, hingga Lapak UMKM Pesona.
Wali kota pun berharap, Kelurahan Madiun Lor bisa membawa hasil optimal dalam perlombaan ini. Juga, menjadi contoh bagi kelurahan lainnya dalam penerapan gotong royong di masyarakat. (Dhevit/irs/diskominfo)