MADIUN – Sebagai rangkaian dari peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-49, Tim Penggerak PKK Kota Madiun menyelenggarakan kegiatan bulan timbang dan pemeriksaan pap smear. Kegiatan yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana ini berlangsung di Panti PKK Kota Madiun dan Posyandu Jambu Kelurahan Winongo, Rabu (17/3).
Adapun pelaksanaan pemeriksaan pap smear dan IVA berlangsung di Panti PKK Kota Madiun, Jalan Pahlawan. Kegiatan ini diikuti oleh perempuan usia produktif dari berbagai kelurahan di Kota Madiun. Sedangkan, bulan timbang dilaksanakan di Posyandu Jambu, Kelurahan Winongo.
Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi menuturkan, dua kegiatan ini merupakan wujud upaya PKK dalam membantu meningkatkan pembangunan di Kota Madiun. Khususnya, peningkatan kualitas hidup bagi perempuan dan anak.
‘’Dengan pemeriksaan IVA dan pap smear ini diharapkan perempuan di Kota Madiun semakin menyadari pentingnya deteksi dini terhadap penyakit. Khususnya, yang terkait dengan organ reproduksi,’’ tuturnya.
Sementara itu, kegiatan bulan timbang dilakukan bersama kader posyandu dengan mengunjungi satu per satu rumah yang memiliki anggota keluarga berumur balita. Kemudian, mereka melakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan balita. Selanjutnya, memberikan vitamin A.
‘’Vitamin A biru untuk bayi usia 6-11 bulan dan vitamin A merah untuk balita umur 12-59 bulan,’’ imbuhnya.
Dalam acara tersebut, Yuni juga mengimbau kepada para ibu yang memiliki balita untuk mengikuti kegiatan bulan timbang secara teratur. ‘’Dengan menimbang secara teratur, kita akan mengetahui status gizi balita kita. Jangan sampai balita kita menderita kekurangan gizi. Apalagi, sampai menjadi gizi buruk,’’ tandasnya. (Luki/irs/diskominfo)