MADIUN – Upaya penanggulangan dampak Covid-19 getol dilakukan, baik dari pemerintah pusat ataupun seluruh pihak. Seperti yang dilakukan oleh salah satu organisasi Islam di Indonesia, Muhammadiyah. Bersinergi dengan Pemkot Madiun, pihaknya menggelar gerakan nasional Ta’awun sosial dampak Covid-19 dengan cara membagikan ribuan paket sayur secara gratis di berbagai titik di Kota Madiun. 
 
Beberapa wilayah yang didatangi yakni, Jalan Sawahan, Jalan Kasuari, Jalan Jatisiwur, Tawangrejo, Jalan Cempedak, dan Kelurahan Banjarejo. Total 3.729 paket sayur dibagikan ke masyarakat dalam empat tahap. Tak hanya itu, Wali Kota juga membagikan susu dan masker sebagai pelindung diri dan orang sekitar. 
 
Masyarakat tampak antusias menyambut paket sayur gratis yang dibagikan langsung oleh Wali Kota Maidi bersama remaja Muhammadiyah itu. Tentunya masyarakat mengambil paket sayuran gratis dengan tetap menjaga jarak dan menggunakan masker. 
 
“Di samping secara disiplin kita menerapkan protokol kesehatan. Paket sayuran dan susu ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Saya tambah masker supaya masyarakat semakin disiplin menggunakan masker,” jelas wali kota, Rabu (13/1). 
 
Menurut wali kota, daya tahan tubuh yang kuat berfungsi agar tubuh tidak mudah tertular penyakit. Terpenting juga harus diimbangi dengan menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin. Yakni menggunakan masker saat beraktifitas, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan.  
 
Melalui kegiatan itu, wali kota berharap masyarakat tak lengah di situasi saat ini. Apalagi, saat ini angka kenaikan kasus positif di Kota Madiun semakin meningkat. Untuk itu wali kota mengimbau kepada masyarakat agar selalu patuh pada protokol kesehatan dan menjaga diri serta kelurga masing-masing. 
(Dhevit/kus/diskominfo)