MADIUN – Upaya membantu masyarakat kurang mampu memang bukan sekedar tugas pemerintah. Namun, juga butuh uluran tangan dari masyarakat yang lebih beruntung. Karenanya, donasi dari masyarakat tersebut perlu ditingkatkan. Pemerintah Kota Madiun melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat memberikan apresiasi kepada para dermawan yang telah bersedekah secara tertib dan lancar. Baznas Award tersebut diserahkan Wali Kota Madiun Maidi kepada 25 dermawan baik secara individu maupun instansi. Penghargaan diberikan di Rumah Dinas Wali Kota, Selasa (22/12).
 
‘’Orang hidup tentunya punya kesulitan. Saya berterima kasih sekali kepada masyarakat yang telah peduli terhadap kesulitan orang lain. Mereka secara tertib dan rutin bersedekah melalui Baznas. Karenanya, kita beri apresiasi,’’ kata wali kota. 
 
Apresiasi diharap menambah semangat para dermawan sekaligus memantik yang lain. Penghargaan, kata wali kota, hanya sekedar bonus. Balasan sebenarnya tetap pahala dari Tuhan YME. Wali kota mengajak masyarakat untuk tidak pelit berbuat baik. Bukan karena penghargaan. Tapi karena mengharap pahala dari Tuhan YME.
 
‘’Dunia tempat meninggal. Jangan pelit berbuat baik. Selagi kita bisa, mari kita bantu sesama,’’ pintanya. 
 
Wali kota bukan hanya mengajak. Namun, juga mencontohkan. Salah satunya, pembagian sayur kepada masyarakat. Setidaknya, pembagian sayur sudah menghabiskan 160 ton sejak awal-awal pandemi lalu. Saat ini, pembagian diteruskan berupa ketela karena sayur telah habis. Sayur dan ketela itu didatangkan dari kebun milik wali kota di kawasan Magetan. 
 
‘’Masyarakat Kota Madiun ini punya kepedulian dan kesadaran yang tinggi. Pola-pola ini jika terus dipertahankan bisa menumbuhkan karakter peduli kepada sesama bagi generasi penerus,’’ jelasnya. 
 
Dalam kesempatan itu juga diberikan bantuan melalui program Bina Usaha Dhuafa Mandiri (Bisafari) Baznas kepada 55 dhuafa termasuk dhuafa difabel. Bantuan berupa gerobak berjualan itu diharap dapat membantu warga kurang mampu dalam mencari rezeki. Bantuan dan penghargaan tersebut merupakan salah satu kegiatan rutin Baznas Kota Madiun untuk masyarakat. (nanda/agi/diskominfo)