JAKARTA –Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kota Madiun kompak meraih penghargaan yang sama di tingkat Nasional. Mengalahkan ratusan pemerintah daerah lainnya, penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi itu diberikan atas komitmen Pemprov Jatim dan Kota Madiun dalam mengelola pelayanan publik yang optimal.
 
Rabu (25/11), Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Wali Kota Madiun Maidi menerima penghargaan yang diberikan oleh Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo di Gedung Tribata, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Yakni, dalam Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020 kategori Instansi Pemerintah Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2020.
 
Sekretaris Daerah Provinsi Jatim dan Sekretaris Daerah Kota Madiun kompak mendapatkan penghargaan sebagai Pengelola Aspek dengan Keberlanjutan Inisiatif Terbaik.
 
Pada prosesi tersebut, Pemprov Jatim juga meraih penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik untuk Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atas inovasi Klinik BUM DESA.
 
Dalam sambutannya, MenPAN RB Cahyo Kumolo mengatakan bahwa elayanan publik merupakan salah satu indikator keberhasilan reformasi birokrasi. ‘’Apalagi, di tengah pandemi Covid-19. Pelayanan yang diberikan, baik pemerintah di tingkat pusat maupun daerah, turut diuji,’’ tuturnya.
 
Untuk itu, MenPAN RB mengapresiasi seluruh daerah yang telah berhasil menjuarai kompetisi pelayanan publik tahun ini. Harapannya, kompetisi ini juga bisa menjadi pemacu bagi daerah lainnya yang belum mendapatkan penghargaan tahun ini untuk bisa lebih bersemangat mengejar prestasi ke depan.
 
Hal serupa juga disampaikan oleh Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin. Dalam siaran virtual, Wapres mengimbau kepada seluruh pemerintah daerah agar terus mengembangkan inovasi dan kompetensi. Sehingga, pelayanan publik yang disajikan bisa semakin efektif, efisien, dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
 
‘’Pandemi Covid-19 ini harus jadi pemicu kita untuk memaksimalkan inovasi pelayanan publik dengan memberikan layanan yang optimal bagi masyarakat sesuai panduan protokol kesehatan,’’ ujarnya sembari mengimbau agar pemerintah daerah yang telah mendapatkan penghargaan tahun ini bisa lebih mengembangkan inovasi serta melakukan transfer knowledge agar kualitas pelayanan di Indonesia semakin optimal. (WS Hendro/irs/diskominfo)