MADIUN – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun kembali menggelar pelatihan untuk PPID Pembantu di wilayah Kota Madiun dengan tema Pelatihan Pengelolaan Server Website dan Hosting bagi admin PPID Pembantu. Ketua Pelaksana, Hendro Pradono, ST menjelasakan bahwa dibalik sebuah website yang bagus, ada program backend yang berjalan dengan semestinya. Jika frontend fokus pada tampilan website, maka backend fokus pada fungsionalitas.

Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 23-24 September 2019, memiliki maksud sebagai sarana untuk meningkatan pengetahuan dan kemampuan SDM, dalam pengelolaan website PPID Pembantu.

Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun, Subakri S.Sos, M.Si menjalaskan bahwa hal ini sangat penting untuk dipelajari oleh para admin sebagai sebagian ilmu pengetahuan dan upaya menciptakan website  yang inovatif dan menarik dalam tampilan dan fungsinya.

“Untuk itu, saya harap seluruh peserta mengikuti dengan serius dengan tujuan membentuk skill para admin PPID Pembantu, sehingga dapat membantu dan membagi tugas dalam pengelolaan server yang disediakan oleh Pemerintah Kota Madiun,” jelas Subakri.

Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi, dilaksanakan selama 2 hari bertempat di ruang Kresna dan Sadewa Aston Hotel Madiun. Diisi oleh mentor dari dosen UNIKA Widya Mandala dan beberapa relawan TIK dengan membawa materi tentang, memahami fitur dashboard website dan optimalisasi website melalui plugin (23/9) dan fitur panel hosting dan backup dan restore website (24/9) Pelatihan diikuti para admin pengelola website PPID Pembantu yang ada di OPD, Kecamatan, Kelurahan dan BUMD Se Kota Madiun yang berjumlah 64 orang.

Dengan Pelatihan tersebut, diharapkan peserta memahami dan berlatih tatacara mengelola backend server website dan backend server hosting.