MADIUN – Event kompetisi di bidang kebersihan lingkungan kembali digelar di Kota Madiun. Kegiatan bertajuk Go Green and Clean mulai dari tingkat kecamatan hingga provinsi itu akan segera dimulai. Pemkot Madiun pun melakukan sosialisasi kepada warga untuk mempersiapkan agenda tersebut.

Salah satunya seperti sosialisasi pelaksanaan Go Green and Clean yang terlaksana di Gedung Pertemuan Kantor Kecamatan Kartoharjo, Rabu (31/7). Sosialisasi dihadiri langsung oleh Walikota Madiun Maidi.

‘’Kota kita ini mari kita ubah menjadi lebih bersih, lebih sehat, dan lebih nyaman. Sehingga, masyarakat lebih sejahtera,’’ imbaunya kepada para peserta sosialisasi.

Menurut Walikota, kebersihan lingkungan tidak akan dapat terwujud tanpa kesadaran masyarakat. Untuk itu, mantan Sekda Madiun itu mengajak warga untuk memulai kebiasaan hidup bersih dan sehat dari hal yang terkecil. Misalnya, dengan membuang sampah pada tempatnya.

Kompetisi Go Green and Clean tahun ini akan dimulai pada Agustus mendatang untuk mencari pemenang di tingkat kecamatan. Selanjutnya, seleksi tingkat kota akan dilaksanakan pada Oktober 2019. Juara 1, 2, dan 3 pada seleksi kota akan diusulkan untuk maju ke tingkat provinsi Januari 2020.

‘’Harapan saya, hadiah lombanya ditambah agar masyarakat lebih semangat,’’ imbuhnya.

Setiap tahun, kompetisi Go Green and Clean digelar di Jawa Timur sebagai salah satu upaya mengurangi pembuangan sampah yang sembarangan. Penilaiannya meliputi 3 hal dasar pengelolaan sampah. Yakni, reduce, reuse, dan recycle (3R). Selain itu, juga menciptakan lingkungan yang asri dengan berbagai tanaman yang rindang dan indah.

Walikota berharap, kompetisi tahun ini tidak hanya memberikan hasil maksimal bagi Kota Madiun. Melainkan, juga meningkatkan kesadaran kepada masyarakat terhadap pentingnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

‘’Ini kota kita, mari kita jaga, kita rawat sehingga hasilnya bisa dirasakan hingga ke anak cucu kita nanti,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/diskominfo)