JAKARTA – Tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha disematkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Walikota Madiun periode 2017-2019 Sugeng Rismiyanto. Penghargaan ini diberikan atas kinerja terbaik berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) Terpadu 2019.

Penyematan tanda kehormatan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (17/7). Selain Sugeng Rismiyanto, penghargaan tersebut juga diberikan kepada 8 kepala daerah lainnya.

Pada prosesi tersebut, Wapres JK menuturkan bahwa penghargaan tersebut berhasil dicapai oleh para kepala daerah terpilih atas kerja keras dan cerdas yang dilakukannya selama ini. ‘’Ini sebagai bentuk apresiasi,’’ tutur saat mengisi sambutan dalam acara tersebut.

Menurut Wapres JK, kota/kabupaten menjalankan otonomi daerahnya masing-masing. Hal ini tentu disertai dengan tanggung jawab yang besar. Apalagi, di tengah situasi ekonomi nasional dan internasional saat ini.

‘’Usaha kepala daerah adalah bagian sangat penting untuk kemajuan kita semua. Ekonomi daerah meningkatkan kemakmuran yang adil. Semua masyarakat dapat bagian. Bukan dari bantuan sosial, tapi dari usaha yang dijalankannya,’’ terang Wapres.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menambahkan bahwa penganugerahan kepada kepala daerah ini merupakan bentuk apresiasi agar selalu berinovasi dan menyemangati daerah lainnya. Sehingga, meningkatkan kinerja otonomi daerah. ‘’Kuncinya, membangun tata kelola pemerintah daerah harus efektif dan efisien,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/diskominfo)