MADIUN – Perempuan memiliki peran penting di dalam pembangunan. Sebab, perempuan memiliki andil besar untuk memperbaiki kualitas generasi berikutnya. Untuk itu, penanaman kebangsaan dalam diri perempuan juga penting dilakukan.

Untuk menambah pemahaman tentang kebangsaan pada perempuan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Madiun menyelenggarakan kegiatan khusus. Yakni, Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara anggota PKK se-Kota Madiun. Serta, dilanjutkan dengan lomba paduan suara.

Walikota Madiun Maidi menuturkan, perempuan memiliki hak yang sama dengan kaum pria dalam segala bidang. Baik pendidikan maupun kesempatan untuk berkarir. Karenanya, upaya-upaya untuk terus meningkatkan potensi diri harus dimanfaatkan.

Terkait pembangunan kota, Walikota mengimbau kepada para perempuan untuk dapat berperan aktif dan mengawal jalannya pemerintahan. ‘’Kalau ada yang kurang dari pemerintahan daerah ini, jangan dirasani. Silakan sampaikan ke kami,’’ ujarnya saat mengisi sambutan di Gedung Diklat, Rabu (26/6).

Tak hanya itu, Walikota juga mengajak para perempuan untuk aktif dalam berbagai kegiatan. Jangan sampai ketinggalan. Melalui PKK, para perempuan dapat mengusulkan program maupun kegiatan yang sifatnya merangsang pembangunan kota.

Selain itu, Walikota juga mengimbau kepada para perempuan, khususnya ibu-ibu, untuk menggerakkan anggota keluarganya agar senantiasa berpartisipasi dalam menjaga lingkungan kota. ‘’Sebentar lagi kita akan kedatangan tamu. Baik nasional maupun internasional. Karena itu, kebersihan dan keindahan kota perlu kita rawat,’’ tegasnya.

Sementara itu, lomba paduan suara tidak hanya sebagai upaya untuk menanamkan kebangsaan pada diri perempuan. Tetapi juga sebagai cara menjaring bakat dan keterampilan yang ada di Kota Madiun. ‘’50 orang yang terbaik akan dibina paduan suara lebih lanjut. Tatkala ada tamu dari luar, akan kami tampilkan,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/ayu/diskominfo)