Madiun – Sejak 23 tahun lalu, 29 Mei selalu diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). Tahun ini, di Kota Madiun kegiatan tersebut dirayakan bersamaan dengan kegiatan Senam Lansia Bersama yang terlaksana pada Jumat (14/6).

Dalam kegiatan tersebut, Walikota Madiun Maidi berharap para lansia Kota Madiun lebih produktif meskipun di usianya yang sudah tidak muda lagi.

“Selamat ulang tahun yang ke-23, meskipun yang diulang-tahuni lansia tapi lansia Kota Madiun penampilannya tetap muda sesuai usia ulang tahun Hari Lansia Nasional,” tutur Walikota Madiun Maidi usai kegiatan Senam Lansia Bersama di Stadion Wilis.

Memasuki tahun ke-23, Hari Lansia Nasional di Kota Madiun menjadi lebih istimewa. Itu karena tahun ini Kota Madiun masuk dalam kategori penilaian Kota Ramah Lansia. Artinya, fasilitas dan layanan yang diberikan kepada lansia telah mendapatkan pengakuan dan penghargaan yang lebih tinggi.

Tak hanya senam bersama, kegiatan rutin tiap bulan di Stadion Wilis itu juga diisi dengan bagi-bagi doorprize kepada peserta. Walikota berharap, Kota Madiun ke depannya tak hanya ramah bagi lansia saja. Tetapi, juga bagi seluruh warganya.

“Kita akan bangun kota ini menjadi lebih ramah bagi anak usia dini sampai lansia. Semuanya membawa Kota Madiun lebih sejahtera,” imbuhnya.

Selama ini, kegiatan Senam Lansia memang rutin diselenggarakan setiap bulan oleh Pemkot Madiun melalui Dinas Sosial PP dan PA. Ke depan, Walikota berharap kegiatan tersebut dapat ditingkatkan lagi. Baik secara kualitas maupun kuantitas.

”Pada momen tertentu mungkin lansia bisa mengajak cucu-cucunya. Sehingga, kegiatan lebih menarik dan berbeda dari biasanya. Para lansia bisa senam bersama dan anak-anak bisa bermain bersama,” tandasnya. (nurdiono/adit/iko/diskominfo)