MADIUN – Perayaan Hari Raya Idul Fitri 2019 berlangsung meriah di Kota Madiun. Perayaan dimulai dengan takbir keliling, Selasa (4/6) malam. Walikota Madiun Maidi memberangkatkan Takbir Keliling yang mengambil start di depan Masjid Agung Baitul Hakim tersebut.

Kegiatan berlangsung seru. Terbukti dari keikutsertaan peserta yang mencapai 107 kendaraan. Giat takbir keliling ini memang menggunakan kendaraan roda empat. Peserta semakin bersemangat lantaran giat takbir juga dilombakan.

Walikota Maidi menuturkan giat takbir keliling diharap menambah suasana religius di Kota Madiun. Selain itu, kegiatan tahunan ini diharap juga semakin menciptakan kebersamaan dan kedamaian masyarakat Kota Madiun.

‘’Semua ikut kegiatan ini. Mulai takmir masjid, OPD, pelajar, hingga pondok pesantren. Dengan berkeliling diharap gema takbir berlangsung di seluruh penjuru kota,’’ tutur Walikota Madiun Maidi usai pemberangkatan takbir keliling.

Walikota menambahkan kegiatan takbir keliling merupakan rangkaian penyambutan datangnya lebaran. Kegiatan sudah dimulai beberapa waktu lalu. Mulai pengecatan median jalan dan gapura masuk, penanaman bunga, pembersihan median jalan dan taman, hingga penyiraman tanaman. Walikota menyebut Alun-alun sudah disterilkan. Hal itu dilakukan untuk menyambut pemudik yang diperkirakan banyak berlibur di Alun-alun. Selain itu, pembersihan juga dilakukan untuk tempat pelaksanaan Salat Ied, besok.

“Selama di masyarakat tentu sering terjadi gesekan. Baik gesekan ucapan maupun tingkah laku. Lebaran momentum untuk membuka diri saling memaafkan,” imbuhnya.

Kegiatan takbir keliling tidak hanya meramaikan perayaan lebaran. Tapi peserta juga beradu keunikan. Mulai hiasan dan tertib kendaraan, alunan takbir, bunyi-bunyian, kerapian busana dan keutuhan peserta dari start hingga finish. Peserta bakal mendapatkan trhopy, piagam, dan uang santunan. Walikota Maidi menyebut kegiatan akan semakin ditingkatkan ke depan. Walikota tak lupa mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri bagi umat Muslim Kota Madiun. (ws hendro/agi/diskominfo)