MADIUN – Safari Ramadan Salat Tarawih bersama Walikota memiliki beragam manfaat. Selain ajang silaturahmi, salat tarawih juga sebagai media berinteraksi walikota dengan masyarakat secara langsung. Seperti yang terlihat saat Salat Tarawih di Masjid Al-Kamal Kelurahan Demangan, Kamis (30/5) malam. 
 
Berbagai hal mengemuka saat rangkaian Safari Ramadan 2019 tersebut. Mulai permasalahan sosial di masyarakat hingga urusan rencana ke depan. Safari Ramadan memng bukan sekedar ibadah bersama. Namun, juga media menyerap informasi dan aspirasi masyarakat. Kegiatan kian gayeng dengan ditutup makan bersama. 
 
‘’Banyak hal yang terjadi di masyarakat. Kegiatan ini juga sebagai sarana untuk melihat langsung kondisi masyarakat tersebut,’’ kata walikota. 
 
Pemkot Madiun melalui Bagian Perekonomian, Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat setempat memang rutin menggelar Safari Ramadan bersama walikota. Hingga mendekati akhir Ramadan ini sudah belasan masjid dan musala yang dikunjungi. Kegiatan mulai Salat Tarawih hingga Salat Jumat. Kegiatan biasanya juga diisi dengan pemberian bantuan untuk pembangunan masjid, santunan, hingga bagi-bagi uang lebaran kepada jamaah anak-anak.
 
‘’Prinsipnya, memakmurkan masjid merupakan tanggung jawab bersama. Mari kita ramaikan masjid dengan banyak melaksanakan ibadah di dalamnya,’’ ujarnya. 
 
Kegiatan Safari Ramadan juga diisi dengan kegiatan buka puasa bersama. Giat buka bersama ini melibatkan berbagai unsur. Mulai kaum dhuafa, anak yatim piatu, anak panti asuhan, alim ulama, hingga ketua RT, RW, dan LPMK. Kegiatan buka puasa bersama ini juga diisi dengan pemberian bantuan dan santunan. Kegiatan diharapkan memberikan sedikit kebahagiaan bagi masyarakat, khususnya mereka yang kurang mampu. (lucky/agi/diskominfo)