MADIUN – Alim ulama memegang peranan penting dalam jalannya pemerintahan. Setidaknya, turut berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa yang berakhlakul karimah. Ulama juga menyejukkan suasana. Silaturahmi wajib dan perlu terus ditingkatkan agar sinergitas terjalin baik. Pemerintah Kota Madiun melalui Bagian Administrasi Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat setempat menggelar buka puasa bersama walikota dengan Alim Ulama dan Anak Panti Asuhan guna menjalin sinergitas tersebut.

“Perjuangan bangsa ini tak terlepas dari peran ulama. Sudah seharusnya kita memuliakan alim ulama,” kata Walikota Madiun Maidi usai Buka Puasa Bersama di Gor Wilis Madiun, Selasa (28/5).

Walikota berharap konstribusi ulama tak pernah berkurang dalam pembangunan daerah. Sebaliknya, terus ditingkatkan. Pesan, saran, dan masukan ulama dibutuhkan agar pembangunan maksimal. Kota Madiun beruntung memiliki banyak ulama yang senantiasa memberi kesejukan. Ini penting, terutama dalam suasana pesta demokrasi seperti sekarang ini. Masyarakat butuh tausiyah yang menyejukkan agar kondusifitas terjaga.

“Menjaga kondusifitas merupakan tanggung jawab bersama. Termasuk para alim ulama. Karenanya, peran ulama penting untuk terus ditingkatkan,” ungkapnya.

Sedang, kepada anak panti asuhan Walikota Maidi berpesan untuk tetap bersemangat. Sebab, banyak masyarakat yang peduli. Begitu juga dengan pemerintah. Pemkot Madiun memberikan beragam program. Mulai beasiswa hingga penempatan kerja bagi lulusan SMK. Beasiswa ini terutama bagi mereka yang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Harapannya, dapat memiliki pekerjaan yang bagus sehingga dapat memperbaiki perekonomian secara mandiri dan memutus rantai kemiskinan.

“SDM harus berkuliatas. Ini hanya dapat diperoleh dari belajar. Tetaplah bersemangat, pemerintah pastinya tidak akan tinggal diam,” pungkasnya.

Dalam acara, Pemkot juga memberikan santunan kepada alim ulama dan anak panti asuhan. (ws hendro/agi/diskominfo)