MADIUN – Persiapan keamanan menjelang lebaran terus ditingkatkan. Gelar pasukan dalam rangka ops Ketupat Semeru 2019 dilaksanakan, Selasa (28/5). Bertempat di halaman Polres Madiun Kota, apel bertujuan untuk memastikan kesiapan personil dan sarpas.

‘’Pada intinya, kami sudah siap melakukan pengamanan selama lebaran. Bukan hanya kepolisian, tapi juga stake holder lain,’’ kata Kapolres Madiun Kota AKBP Nasrun Pasaribu usai apel ops Ketupat Semeru.

Ops Ketupat Semeru melibatkan 365 personil gabungan dari stake holder terkait. Mulai Kepolisian, TNI, Satpol PP, Damkar, BPBD, Petugas Kesehatan, Pramuka, Bankom, dan lain sebagainya. Personil gabungan tersebut akan mulai bertugas 29 Mei besok hingga 10 Juni mendatang.

Kapolres menambahkan tingkat kerawanan saat ini lebih kepada kepadatan lalu lintas. Rawan kepadatan ini diperkirakan berada di Jalan Basuki Rahmat tepatnya di titik sebelum dan sesudah perlintasan rel, Jalan Pahlawan tepat Plaza Madiun dan Plaza Lawu serta depan Pasar Besar Madiun.

‘’Padat itu ramai tapi lancar. Berbeda dengan macet yang tidak bergerak dalam waktu yang cukup lama. Di Kota Madiun hanya rawan kepadatan bukan kemacetan,’’ tegasnya.

Terdapat tujuh pos yang terdiri dari lima pos pengamanan dan dua pos pelayanan untuk menunjang pelaksanaan ops Ketupat Semeru. Titiknya, mulai Alun-alun, Jalan Pahlawan, Sun City mall, Jiwan, Pasar Besar Madiun, Terminal Purboyo dan Stasiun Madiun. Sedang, personel yang disiagakan sekitar 390 yang terdiri dari Kepolisian, TNI, Satpol PP, Dishub, petugas kesehatan, dan, Damkar. Nasrun menambahkan tugas sudah langsung dibagi. Mulai standby hingga berpatroli keliling. Sebab, tak sedikit juga rumah warga yang ditinggalkan kosong untuk mudik. Nasrun menghimbau agar masyarakat yang meninggalkan rumah melapor kepada petugas agar menjadi salah satu atensi patroli.

‘’Kota Madiun merupakan kota tujuan. Stasiun, terminal, dan pusat perbelanjaan diperkirakan menjadi tempat berkumpulnya masa dalam jumlah besar. Ini menjadi perhatian tersendiri kami,’’ ungkapnya.

Kesiapan juga ditunjukkan Pemerintah Kota Madiun. Walikota Madiun Maidi menuturkan Pemkot sudah melakukan berbagai kesiapan yang diperlukan untuk menyambut lebaran. Mulai petugas terkait yang siap bertugas hingga pemanatauan harga kebutuhan pokok yang sudah mulai dilakukan beberapa minggu sebelumnya. Selain itu, Pemkot Madiun juga memperbanyak lampu penerangan jalan.

‘’Prinsipnya masyarakat harus nyaman. Pemkot sudah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan itu,’’ ungkapnya. (ws hendro/agi/diskominfo)