MADIUN – Festival Ramadan 2019 zona Madiun berakhir, Rabu (22/5) malam. Festival yang berisi lomba Hadrah Al Banjari dan musik Patrol Kreasi tersebut memunculkan jawara-jawara seni musik religi jempolan dari wilayah Madiun Raya. Mereka bakal kembali bertanding di grand final nanti.

Yakni, Al Muqtasima Putri Jr (Kab Kediri), Al Madinah (Ponorogo), TWI (Ponorogo), Ittihadul Munzilin (Kab Kediri), dan Nurul Falah (Kab Madiun) untuk kategori Hadrah Al Banjari. Sedang, kategori musik Patrol Kreasi memunculkan grup Patrol Satria Manggala (Polres Kab Madiun), Putra Bantar Angin (Polres Kab Ponorogo), Ngesti Laras Budaya (Polres Kab Trenggalek), Abdi Budaya (Polres Kab Tulungagung), dan grup Patrol Laskar Mujahid MAN Pacitan (Polres Kab Pacitan).

Mereka berhasil menjadi yang terbaik dari 27 peserta lomba yang berlangsung di Alun-alun Kota Madiun tersebut. Penyerahan tropi diberikan langsung Walikota Madiun Maidi dan Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri.

Walikota Maidi menuturkan gelaran lomba tidak hanya memunculkan jawara yang bakal mewakili zona Madiun. Namun, juga multiplier effect di Kota Madiun. Mulai hiburan, memberikan kesejukan, memperkuat nuansa religi, hingga manfaat ekonomi. Khususnya, bagi pedagang di kawasan Alun-alun serta perhotelan. Seperti diketahui, peserta zona Madiun datang dari berbagai daerah sekitar. Mereka pastinya butuh penginapan lantaran lomba berlangsung dua hari. Walikota berharap Kota Madiun berkesan bagi peserta hingga tak segan untuk kembali singgah.

“Ini bukan sekedar lomba untuk meramaikan bulan Ramadan. Namun, lebih dari itu. Apresiasi bagi panitia, khususnya Pemprov Jawa Timur yang telah memilih Kota Madiun sebagai salah satu tuan rumah,” kata walikota.

Walikota Maidi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas terselenggara kegiatan dengan sukses. Dia berharap kegiatan dapat kembali digelar di Kota Madiun tahun-tahun berikutnya. Walikota juga mengucapkan selamat bagi para pemenang.

“Peserta lomba sudah memberikan yang terbaik. Tetapi tentu harus dipilih yang terbaik dari yang terbaik. selamat bagi para pemenang,” ungkapnya.

Pemenang bakal bertanding di grand final yang akan berlangsung di Surabaya, 25-26 Mei mendatang. Mereka akan kembali beradu dengan pemenang dari zona lain. (ws hendro/agi/diskominfo)