MADIUN- Maraknya isu-isu pergerakan massa ke Jakarta terkait hasil pemilu 2019 kian santer terdengar. Namun gejolak yang ada tak terjadi di Kota Madiun. Tentunya hal ini berkat antisipasi dan upaya yang terjalin apik dalam menjaga kondusifitas kota dari berbagai pihak.

Upaya memperkuat sinergitas dan menjalin silaturahmi tersebut seperti yang dilakukan Polresta Madiun pada Selasa (21/5). Pihaknya menggelar silaturahmi yang dibingkai dengan buka puasa bersama Forum komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se Kota/Kabupaten Madiun.

Tak hanya itu, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat juga ikut serta dalam acara yang digelar di Gedung Bhara Mahkota tersebut. Setidaknya 1000 takjil dibagikan kepada masyarakat dan pengendara yang melintas di sepanjang Jalan Pahlawan Kota Madiun.

Walikota Madiun Maidi mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Polresta Madiun tersebut. Kota Madiun berada dalam kondisi yang aman dan kondusif. Namun, kewaspadaan harus tetap ditingkatkan.

“Kami tentunya tidak menginginkan adanya gesekan di Kota Madiun. Kegiatan ini salah satu upaya untuk mewujudkan kondusifitas kota, baik sebelum, saat, dan sesudah Pemilu. Apresiasi kepada Polresta Madiun yang sudah memfasilitasi kegiatan ini,” kata Walikota Maidi.

Walikota menghimbau masyarakat untuk selalu mengedepakan kondusifitas apapun hasil Pemilu nanti. Walikota optimis hal itu dapat terwujud di Kota Madiun. Apalagi, masyarakat sudah cukup dewasa dalam berdemokrasi. Terbukti dari gelaran Pemilu sebelumnya termasuk Pilkada 2018 lalu. Nyaris tidak ada gesekan berarti. Capaian apik ini harus terus dijaga. Namun, tentu butuh peran serta seluruh elemen masyarakat.

Kapolres Madiun Kota Nasrun Pasaribu mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk silaturahmi dan bukti yang menunjukkan bahwa baik Kota maupun Kabupaten Madiun, serta segenap Forkopimda yang ada saling bersinergi.

” Semua sama tidak ada yang berbeda. Kita mampu menjadikan suatu bagian dari kita untuk keberhasilan, keamanan dan kondusifitas bersama. Semoga buka puasa bersama ini mampu mempererat persaudaraan kita,” terangnya.

Kapolres Nasrun juga memastikan bahwa kondisi Kota Madiun saat ini aman dan kondusif. Dirinya mengimbau agar seluruh masyarakat menyamakan persepsi bersama TNI dan Polri untuk keamanan dan kenyamanan yang dibingkai dalam bentuk silaturahmi ini. 
(dhevit/farid/ayu/kus/diskominfo)