MADIUN – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melaksanakan inspeksi mendadak di Pasar Besar Madiun (PBM), Rabu (22/5). Kegiatan itu dilaksanakan untuk mengecek stok dan harga kebutuhan pokok yang ada di pasaran. Khususnya, menjelang Lebaran 2019.

Gubernur tiba di PBM sekitar pukul 09.30. Setibanya di lokasi, dia langsung menuju ke dalam pasar dan menyalami para pedagang. Tak lupa, dia menanyakan stok dan harga kebutuhan pokok saat ini.

‘’Alhamdulillah saat ini stok aman. Seperti beras, gula, telur, minyak, daging, dan ayam. Bahkan, beberapa di antaranya justru mengalami penurunan harga,’’ tuturnya.

Menurut Gubernur, saat ini harga-harga di PBM cukup stabil. Dia berharap, kondisi tersebut dapat terus berlangsung hingga setelah Lebaran nanti.

Karena itu, Gubernur mengimbau kepada pedagang untuk tidak melakukan penimbunan barang. ‘’Sehingga, menyebabkan stok di pasaran menurun. Akibatnya, harga naik dan berpotensi menyebabkan inflasi,’’ paparnya.

Tidak hanya itu, Gubernur juga meminta masyarakat untuk belanja sesuai dengan kebutuhannya. ‘’Beli secukupnya saja. Tidak perlu berlebihan hingga menyebabkan stok di pasaran semakin menipis,;’’ imbuhnya.

Lebih lanjut, Gubernur menjelaskan, melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) diharapkan dapat menjaga kestabilan harga di pasaran. Terutama, menjelang Lebaran 2019. Sehingga, tidak terjadi inflasi maupun deflasi.

Sementara itu, Walikota Madiun Maidi mengucapkan terima kasih atas kedatangan Gubernur ke Kota Madiun. ‘’Kunjungan Ibu Gubernur ini menjadi penyemangat kita semua. Harapannya, ke depan semakin meningkatkan kesejahteraan dan kedamaian di Kota Madiun,’’ tandasnya. (WS Hendro/Dhevit/irs/farid/diskominfo)