MADIUN- Kota Karismatik didapuk menjadi tuan rumah Festival Ramadan yang akan digelar oleh Provinsi Jawa Timur, bekerja sama dengan Jawa Pos Grup Multimedia. Rencananya, event tahunan tersebut akan dipusatkan di Kota Madiun pada 21-22 Mei mendatang.

Tahun ini, gelaran Festival Ramadan mendapatkan atensi khusus dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Maka dari itu, dirinya meminta kegiatan festival ramadan kali ini untuk diadakan di tiap Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil).

“Kota Madiun dipilih sebagai tuan rumah pada perhelatan kali ini bersama dengan kota lain yang berada di wilayah Bakorwil I, diantaranya Kab. Madiun, Kab. Magetan, Kab. Ponorogo, Kab. Ngawi, Kab. Trenggalek, Kab. Tulungagung, ditambah Kediri,” ujar Tomy C. Gutomo perwakilan dari Jawa Pos.

Dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan hari ini, Rabu (8/5), Tomy mengatakan akan terdapat banyak kegiatan yang digelar di Kota Madiun. Seperti lomba hadrah yang memperebutkan piala gubernur, lomba nasyid, musik patrol kreasi, bazar ramadan, festival kuliner, pesantren expo 4.0, hingga ramadan fashion.

Sebagai tuan rumah, Pemkot Madiun sudah ancang-ancang untuk mempersiapkan segala sarana dan prasarana yang diperlukan untuk mendukung kesuksesan acara. Walikota Maidi mengatakan, kegiatan yang akan melibatkan wilayah Madiun Raya ini, tentunya membutuhkan persiapan yang matang.

“Kalau saya lihat gambaran yang ada memang bagus. Alun-alun saya rasa cocok, parkir terakomodir, Masjid Agung dekat kalau ingin buka bersama di sana bisa. Sekaligus juga cukup untuk mengakomodir 50 tenda yang direncanakan,” ungkap Walikota Maidi.

Walikota mengimbau kepada segenap OPD terkait agar segera berkoordinasi untuk kesiapan dan kelancaran jalannya Festival Ramadan. “Apa yang menjadi tanggung jawab kita sebagai tuan rumah, akan dikondisikan semaksimal mungkin. Agar acara dapat terlaksana secara maksimal,” tandasnya. 
(luki/iko/kus/diskominfo)